Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Rumah Cermin", Kamuflase Cantik dari Kaca Reflektif!

Kompas.com - 17/01/2014, 17:23 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com - Didesain oleh firma arsitek asal Amsterdam, Johan Selbing Architecture dan dan Anouk Vogel, Rumah Cermin (Mirror House) ini terlihat menyatu dengan lanskap di sekitarnya. Hunian ini terdiri dari fasad yang seluruhnya terbuat dari kaca reflektif.

www.designboom.com Dengan fasad kaca reflektif itu, Rumah Cermin ini hampir tak terlihat bentuknya karena terlalu
Rumah Cermin ini merupakan salah satu dari edisi ketiga kompetisi proyek perumahan percobaan kecil di kawasan Almere, Belanda. Dua belas tim pemenang diberi kemungkinan untuk mewujudkan desain mereka di daerah terbuka di hutan Noorderplassen barat.

www.designboom.com Kaca ini justeru menghalangi pandangan ke bagian dalam rumah sehingga seolah-olah bertindak sebagai kamuflase untuk menawarkan penghuninya privasi yang tinggi.
Dengan fasad kaca reflektif itu, Rumah Cermin ini hampir tak terlihat bentuknya karena terlalu "sibuk" memperlihatkan dunia di luar bangunannya sendiri. Dengan demikian, kaca ini justeru menghalangi pandangan ke bagian dalam rumah sehingga seolah-olah bertindak sebagai kamuflase untuk menawarkan penghuninya privasi yang tinggi.

www.designboom.com Garis pandang pada interiornya membuat ini rumah terasa lebih besar yang sebenarnya. Adapun dindingnya ditutupi dalam panel multipleks sehingga penampilannya hangat dan berbeda dengan fasad kaca ramping sebagai penutupnya.
Tanpa bentuk yang rumit, tata letak bangunannya dirancang untuk menjadi sekecil mungkin agar mudah beradaptasi dengan gaya hidup berbeda-beda dari calon penghuninya. Seperti disarikan dari Designboom, proposal kompetisi ini dikerjakan hingga ke detail terkecil, terutama untuk memastikan tinggi tingkat fleksibilitasnya.

www.designboom.com Tanpa bentuk yang rumit, tata letak bangunannya dirancang untuk menjadi sekecil mungkin agar mudah beradaptasi dengan gaya hidup berbeda-beda dari calon penghuninya.
Lantainya dibuat sedikit terangkat untuk menawarkan pemandangan ke hutan dengan bentuk pintu geser. Garis pandang pada interiornya membuat ini rumah terasa lebih besar yang sebenarnya. Adapun dindingnya ditutupi dalam panel multipleks sehingga penampilannya hangat dan berbeda dengan fasad kaca ramping sebagai penutupnya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com