Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya LEGOLAND, Iskandar Malaysia Bakal Saingi Singapura?

Kompas.com - 13/12/2013, 15:52 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JOHOR, KOMPAS.com - Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, secara resmi,
meluncurkan Traders Hotel dan LEGOLAND Malaysia Resort. Dua proyek ini merupakan katalisator kemajuan pembangunan kawasan ekonomi selatan Johor, Malaysia.

"Ini persembahan terbaru dan kami harapkan dapat lebih meningkatkan daya tarik Iskandar Malaysia sebagai tujuan utama bisnis dan pariwisata wilayah Johor," ujar Najib.

Selain obyek wisata bertema, tengah dirancang pembangunan fasilitas tambahan, termasuk KidZania Singapura yang akan berlokasi di Pantai Palawan, Pulau Sentosa.

Managing Director dan CEO Theme Atraction and Resorts, Ahmad Burhanuddin, mengatakan, pihaknya akan lebih banyak lagi mendatangkan atraksi yang telah banyak dibangun di Singapura untuk menarik lebih banyak lagi pengunjung.

"Gerbang menuju Changi sudah terbuka. Kami juga memiliki KidZania Singapura yang akan beroperasi awal 2015, selain itu kami sedang membangun Desaru sebagai salah satu daya tarik yang dilengkapi 1.000 kamar hotel, lapangan golf, taman air dan taman laut," papar Burhanuddin.

Pendek kata, lanjut Burhanuddin, ada banyak rencana membangun proyek-proyek baru. Seluruhnya ditargetkan rampung pada 2016 mendatang.

Jika seluruh obyek wisata bertema dan fasilitasnya tersebut rampung, maka Iskandar Malaysia menawarkan pilihan yang lebih luas dengan hotel berkualitas baik untuk wisatawan domestik dan juga internasional.

Iskandar Malaysia dapat diakses melalui jalan darat Tuas, melalui laut ke Puteri Harbour Fery Terminal dan juga Nusajaya menuju Bandara Internasional Senai. Lokasi strategis ini menempatkan Iskandar Malaysia dalam posisi yang tepat untuk tujuan bisnis dan wisata dan mampu bersaing dengan Singapura.

Menteri Utama Johor, Mohamed Khaled Nordin, menyatakan, Iskandar Malaysia telah bergerak ke arah yang benar. Semua fasilitas ini memudahkan semua orang yang mengunjungi Iskandar Malaysia.

"Kehadiran LEGOLAND Resort menunjukkan bahwa ketika kita berbicara tentang Iskandar, itu bukan hanya tentang pengembangan properti tetapi juga sektor lain," ujarnya.

Pembukaan hotel resor keluarga seperti ini sangat penting untuk Iskandar Malaysia dalam mencapai target 2025 yakni meraup tiga juta wisatawan dan menciptakan 1,5 juta pekerjaan yang dapat dimanfaatkan penduduk Johor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com