Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah... Penjepit Jemuran Paling Cerdas!

Kompas.com - 05/12/2013, 14:51 WIB
Latief

Penulis

KOMPAS.com — Ini memang inovasi sederhana, tetapi hasilnya luar biasa. Desainer berkebangsaan Swedia, Idan Noyberg dan Gal Bulka, merancang jepitan jemuran yang bisa menyerap energi sinar matahari.

www.designboom.com Untuk kebutuhan tugas rumah tangga sehari-hari, kehadiran
Dengan sensor karyanya, Noyberg dan Bulka membuat jepitan ini berhasil menjadi alat simpel penyimpan energi matahari yang bisa menyulap seisi kota seolah berada dalam lautan warna-warni di malam hari.

Hanya "menumpang" pada pasak dan tali jemuran, panel solar mungil ini bisa dijepit pada pakaian yang tengah dijemur atau menggantung di jemuran pada siang hari. Selanjutnya, sistem internal di dalam jepitan ini akan otomatis mengaktifkan sensor untuk menyerap energi.

www.designboom.com Hanya
Setiap jepitan ini memang memiliki panel surya kecil yang menempel pada bagian atas klip untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya sinar matahari sepanjang hari. Pada senja hari, sensor tersebut akan secara otomatis memasok power pada baterai kecil sebagai isyarat untuk mengaktifkan diri. Sontak, secara otomatis aliran energi pada jepitan ini akan menerangi lampu-lampu light emitting diode (LED) warna-warni.

www.designboom.com Setiap jepitan ini memang memiliki panel surya kecil yang menempel pada bagian atas klip untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya sinar matahari sepanjang hari. Pada senja hari, sensor tersebut akan secara otomatis memasok power pada baterai kecil sebagai isyarat untuk mengaktifkan diri. Sontak, secara otomatis aliran energi pada jepitan ini akan menerangi lampu-lampu Light Emtting Diode (LED) warna-warni.
Jepitan yang cerdas, tentunya. Untuk kebutuhan tugas rumah tangga sehari-hari, kehadiran "jepitan ajaib" ini bukan saja akan menambah kontribusi visual untuk perkotaan, tetapi juga menjaga nuansa kehidupan kota yang ramah lingkungan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com