Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan Iskan: Bangun Rusun di Stasiun Bantu Masyarakat Hidup Efisien

Kompas.com - 25/11/2013, 16:11 WIB
Tabita Diela

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengungkapkan dukungannya pada pembangunan rumah susun di sekitar stasiun kereta. Hal ini akan sangat membantu masyarakat berpenghasilan rendah untuk dapat hidup efisien.

Hal ini diungkapkannya dalam Musyawarah Nasional (Munas) XIV Real Estat Indonesia di Hotel Grand Melia, Kuningan, Jakarta, Senin (25/11/2013). 

 
Menurut Dahlan, perbaikan KRL terbukti telah memicu penambahan jumlah penumpang dan meningkatkan jumlah persewaan parkir di sekitar stasiun. Bukan tidak mungkin, hal tersebut juga bisa dijadikan peluang bagi pengembang untuk membangun rumah-rumah rakyat (rumah susun) di sekitar stasiun.
 
"Begitu KRL dibenahi dan bagus, itu penumpangnya lebih dari dua kali lipat. Kemudian ada tempat-tempat parkir di sekitar stasiun. Akhirnya orang titip (kendaraan) di stasiun, naik KRL, kemudian menggunakan sepeda motor dari stasiun tujuan," ujarnya.
 
Dahlan menambahkan, tumbuhnya persewaan parkir di sekitar stasiun pasti memberikan pasar baru bagi properti untuk membangun rumah rakyat di sekitar stasiun. Karena dapat menghemat ongkos transportasi.

"Misalnya, dari Jakarta ke Depok, masyarakat mengeluarkan ongkos Rp 4.500. Namun, dari stasiun menuju rumah tinggal, mereka harus membayar lagi ojek dengan harga Rp 15.000. Hal ini tidak masuk akal. Oleh karena itu, perumahan atau rumah susun di sekitar stasiun harus segera dikembangkan agar masyarakat bisa tetap hidup efisien," ujar Dahlan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com