Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eh, Bantal Juga Ada Kedaluwarsanya!

Kompas.com - 19/11/2013, 19:13 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com — Sama seperti berbagai benda lainnya, ternyata bantal yang Anda gunakan untuk tidur setiap malam juga punya batas kedaluwarsa. Bantal bisa rusak dan usang dalam jangka waktu tertentu. 

Namun, berbeda dengan makanan, Anda tidak bisa mencari batas kedaluwarsa bantal di permukaannya. Karena itu, lakukan hal ini untuk mengecek bantal Anda:

Lipat

Pertama, lipatlah bantal Anda tepat di tengahnya. Tekan bantal tersebut hingga udara di dalam bantal keluar dan bantal tersebut menjadi pipih. Kemudian, segera lepaskan dan perhatikan. Jika bantal tersebut kembali ke bentuk semula dalam beberapa detik, maka Anda belum membutuhkan bantal baru. Sebaliknya, jika bantal tersebut tidak kembali ke keadaan semula, maka Anda sebaiknya mengganti bantal tersebut dengan bantal baru.

www.houzz.com Berhati-hatilah jika Anda menggnakan bantal dari bulu unggas. Sebaiknya, jangan cuci bantal tersebut di mesin cuci seperti bantal biasa karena jika robek, bulu-bulu unggas akan merusak mesin cuci Anda.
Bantal-bantal tersedia dalam berbagai harga dan spesifikasi. Kabar baiknya, jika tidak membutuhkan spesifikasi khusus, maka Anda bisa membeli bantal dengan harga relatif murah. Anda hanya perlu merawat bantal untuk membuatnya awet.

Label

Sebelum mencuci bantal Anda, cek label yang ada pada bantal tersebut. Label mampu memberikan petunjuk pencucian agar kondisinya tetap baik. Berhati-hatilah jika Anda menggunakan bantal dari bulu unggas. Sebaiknya, jangan cuci bantal tersebut di mesin cuci seperti bantal biasa karena jika robek, bulu-bulu unggas akan merusak mesin cuci Anda.

www.houzz.com Mencuci bantal busa biasa bisa Anda lakukan dengan mesin cuci. Hanya saja, masukkan langsung dua bantal untuk membuatnya seimbang. Selain itu, gunakan hanya deterjen lembut untuk mengurangi residu yang tertinggal pada bantal.
Mencuci bantal busa biasa bisa Anda lakukan dengan mesin cuci. Namun, masukkan langsung dua bantal untuk membuatnya seimbang. Selain itu, gunakan hanya detergen lembut untuk mengurangi residu yang tertinggal pada bantal. Cucilah sebanyak dua kali putaran untuk memastikan tidak ada residu detergen tertinggal di bantal Anda.

Bola tenis

Ketika mengeringkan bantal di mesin pengering, masukkan bola tenis yang sudah dibungkus kaus kaki. Guna bola tersebut untuk membuat bantal Anda tetap empuk. Pastikan bantal Anda kering sebelum digunakan.

Sumber: www.brightnest.com 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com