Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat Koin Virtual, Pria Ini Jadi Miliarder

Kompas.com - 30/10/2013, 16:17 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

OSLO, KOMPAS.com - Siapa kira, koin valuta virtual (bitcoins)bisa membuat seseorang menjadi miliarder sekaligus berbelanja hunian di pusat Oslo sebagai kota termahal dunia?

Ya, nasib baik dan dewi fortuna tengah memayungi Kistoffer Koch. Berkat bitcoins, pemuda berusia 29 tahun asal Norwegia ini memiliki kekayaan melebihi yang sudah diusahakannya selama bertahun-tahun.

Begini ceritanya, pada bulan April empat tahun silam, Koch membeli bitcoins senilai 15 poundsterling (Rp 266.908) dan kemudian melupakannya begitu saja.

Koch yang bekerja sebagai seorang insinyur, hanya ingat investasi yang dilakukannya itu seharusnya berkembang biak ketika dia membaca sebuah artikel tentang lonjakan nilai bitcoins. Ia kemudian menghitung, nilai dari sejumlah 5.000 bitcoins-nya meroket menjadi 430.000 poundsterling atau setara Rp 7,6 miliar.

Setelah menghabiskan sehari penuh mencoba untuk mengingat kata kuncinya, Koch menguangkan 116.000 poundsterling (Rp 2 miliar) dengan menjual seperlima dari kekayaan  yang baru diperolehnya.

Setelah dikurangi 28 persen pajak, uang itu cukup untuk deposito dan membeli sebuah flat di pusat kota Oslo yang merupakan salah satu kota termahal dunia.

"Bukan dalam mimpi terliar saya bisa membayangkan bahwa nilai koin akan melonjak seperti ini," ujar Koch.

Bitcoins bisa ditukar dengan uang sungguhan atau digunakan untuk membeli barang dan jasa secara online. Mata uang virtual semakin banyak digunakan untuk transaksi internet dan nilainya sangat stabil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com