Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruang Sempit Bisa Berfungsi Maksimal, Ini Triknya...

Kompas.com - 02/09/2013, 08:43 WIB
Tabita Diela

Penulis

www.homedit.com Ketika mengerjakan pengaturan interior ruangan berukuran kecil, pastikan perabotan berukuran tepat. Hindari perabotan dengan ukuran yang terlalu besar dan tampak
www.homedit.com Pilihlah furnitur dengan corak dan warna yang sesuai.
www.homedit.com Ottoman bisa menjadi salah satu furnitur multifungsi, sebagai tempat duduk sekaligus meja kopi. Letakkan nampan cantik jika Anda menginginkan permukaan yang keras dan datar pada ottoman.
www.homedit.com Manfaatkanlah berbagai furnitur sebagai tempat penyimpanan. Buatlah ruang-ruang sisa di sekitar window seat sebagai tempat penyimpanan. Begitu juga dengan ottoman yang bisa berfungsi ganda sebagai tempat nyaman untuk beristirahat.
KOMPAS.com - Ruangan berukuran kecil memberikan banyak keuntungan. Bagi orang-orang yang tinggal di daerah beriklim dingin, ruang semacam ini membutuhkan lebih sedikit energi untuk menghangatkannya. Selain itu, ruang berukuran kecil pun efektif dan relatif lebih mudah dibersihkan ketimbang yang berukuran besar.

Hanya, ada tantangan tersendiri mendekorasi ruangan berukuran mungil. Dibutuhkan siasat khusus agar dekorasi maksimal tapi tidak terasa sesak, berikut langkahnya:

 
Cara pertama, ukur perabotan Anda. Ketika mengerjakan pengaturan interior ruangan berukuran kecil, pastikan perabotan berukuran tepat. Hindari perabotan dengan ukuran yang terlalu besar dan tampak "gemuk" seperti sofa-sofa empuk. Pilihlah sofa modern yang lebih "ramping" dan hemat tempat.
 
Cara kedua, buatlah window seat. Manfaatkan ruang sempit di dekat jendela sebagai tempat duduk. Window seat semacam ini menghemat tempat sekaligus fungsional. Buatlah window seat di kamar tidur, ruang kerja, atau di ruang bermain anak.
 
Cara ketiga, manfaatkan ottoman. Ini bisa menjadi salah satu furnitur multifungsi, sebagai tempat duduk sekaligus meja kopi. Letakkan nampan cantik jika Anda menginginkan permukaan yang keras dan datar pada ottoman.
 
Keempat, manfaatkanlah berbagai furnitur sebagai tempat penyimpanan. Buatlah ruang-ruang sisa di sekitar window seat  sebagai tempat penyimpanan. Begitu juga dengan ottoman yang bisa berfungsi ganda sebagai tempat nyaman untuk beristirahat.
 
Cara kelima, gunakan tempat-tempat duduk yang bisa dipindah. Kursi-kursi ringan dan dapat dilipat bisa menjadi kursi tambahan yang efektif ketika ada tamu datang ke rumah. Ketika tidak membutuhkan kursi tersebut, Anda bisa melipat dan menyimpannya.
 
Cara keenam, pilih warna dan corak yang sesuai. Warna yang netral dan corak yang "membawa" mata secara vertikal, membantu ruang tampak sedikit lebih besar. Pilih juga furnitur yang sesuai.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com