Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abu Dhabi Beli Gedung Shiba dengan Pinjaman Bank Jepang!

Kompas.com - 11/08/2013, 15:27 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Kelompok investasi yang terdiri atas Abu Dhabi Investment Council dan lembaga pembiayaan yang dipimpin eks CEO AIG Hank Greenberg telah melakukan transaksi pembelian atas sebuah kompleks perkantoran, Shiba Park Building, di pusat kota Tokyo, Jepang. Nilai transaksi ini sebesar 1 miliar dollar AS (Rp 10,2 triliun).

Ini bukan "serangan" pertama yang dilakukan oleh kelompok Abu Dhabi. Tahun lalu ADIC bergabung dengan Goodman, pebisnis Australia, berinvestasi sekitar 1 miliar dollar AS (Rp 10,2 triliun) di gudang logistik di seluruh Jepang. Sebelumnya, pada tahun 2008 mereka membeli 90 persen saham Chrysler New York sebesar 800 juta dollar AS (Rp 8,2 triliun).

Siapa kumpulan yang dengan jeli merambah pasar properti Jepang ini? Ternyata, selain Abu Dhabi Investment Council, terlibat di dalamnya adalah Asia Pacific Land sebagai pemimpin kelompok, dan

Japan's Secured Capital Investment Management Co. and C.V. Starr & Co Inc - See more at: http://www.worldpropertychannel.com/asia-pacific-commercial-news/shiba-park-building-abenomics-tokyo-abu-dhabi-investment-council-hank-greenberg-7199.php#sthash.3P3CUis8.Aman Capital Investment Management Co dan CV Starr & Co Inc, yang dijalankan oleh Greenberg, miliarder mantan CEO American International Group Inc, sumber disebutkan namanya mengatakan kepada Reuters.
 Japan's Secured Capital Investment Management Co dan CV Starr & Co Inc yang dijalankan oleh Greenberg.

Para anggota kongsi ini diharuskan membayar sekitar 100 juta dollar AS (Rp 1,025 triliun). Cerdiknya para investor ini, mereka memanfaatkan fasilitas pinjaman dari Bank Mizuho, Shinsei Bank dan Commerz Japan Real Estate Finance Corp, sebuah unit pinjaman properti Commerzbank untuk membayar sisa pembelian.

Menurut Reuters, pembelian atas Shiba Park Building, yang lokasinya berdekatan dengan Tokyo Tower, merupakan transaksi properti terbesar di Jepang sejak Februari dan "investasi properti terbesar termasuk investor asing sejak krisis keuangan global 2008-09".

Kesepakatan itu dipandang sebagai sinyalemen kebangkitan properti Jepang, karena investor bertaruh bahwa kebijakan ekonomi Perdana Menteri Shinzo Abe akan mengembalikan kepercayaan pasar.

Bangunan 31 tahun, setinggi 14 lantai ini dijuluki "Gunkan" atau "Kapal Perang". Luasnya lebih dari 102.000 meter persegi, 83.000 meter persegi di antaranya untuk disewakan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com