Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaca Film Kurangi Risiko Pencurian

Kompas.com - 30/07/2013, 20:31 WIB
Tabita Diela

Penulis


KOMPAS.com -
Dalam mendesain rumah atau bangunan, jendela merupakan salah satu aspek terpenting. Lokasi, bentuk, ukuran, serta penggunaan merupakan pertimbangan utama dalam mengerjakan atau membuat jendela rumah.

Seiring dengan perkembangan teknologi, jendela juga mengalami kemajuan. Kini, jendela kaca tanpa penghalang sekali pun dapat "menolak" pancaran sinar ultraviolet (UV) hanya dengan menggunakan kaca film. Selain dapat mengurangi paparan sinar UV, kaca film juga dapat mengurangi risiko pencurian.

Berbeda dengan generasi pertama, kaca film yang diproduksi saat ini berteknologi tinggi, dan melekat dengan sempurna pada permukaan kaca.

Berikut ini beberapa jenis, kegunaan, kelebihan serta kekurangan kaca film yang bisa Anda gunakan di rumah.

Kaca film dengan perlindungan UV

Paparan sinar UV, atau sinar ultraviolet, dikenal "jahat" merusak kulit manusia. Dengan menghalangi masuknya sinar UV, kaca film tersebut dapat mengurangi risiko kanker kulit. Kaca film jenis ini juga mampu mengurangi risiko pencurian. Pasalnya, lebih sulit dipecahkan.

Kaca film ini akan sangat berguna bagi rumah-rumah yang memiliki jendela pada langit-langit rumahnya. Kaca film dapat memproteksi jendela mana pun, termasuk jendela-jendela di lokasi unik. Penghuni rumah tidak perlu memasang gorden yang berpotensi merusak penampilan ruangan.

Kilau air ternyata merusak

Bagi manusia, beristirahat di tepi laut, danau, sungai, atau kolam renang tentu menyenangkan. Sayangnya, pantulan sinar matahari dari air dapat membuat masalah. Tidak hanya berhadapan dengan kilau sinar matahari, pemilik rumah juga harus berhadapan dengan pantulannya. Jika setiap hari pemilik rumah berhadapan dengan masalah pantulan kilau semacam ini, lambat laun mata akan rusak. Menggunakan kaca film mampu mengurangi kedua kilau tersebut.

Pemandangan tanpa halangan

Dengan kaca film, Anda tidak perlu khawatir pada paparan sinar ultraviolet ketika menikmati pemandangan dari luar jendela. Anda bisa memilih kaca film yang mengurangi 47 persen energi matahari tanpa menutupi pemandangan.

Berbagai bentuk, berbagai solusi

Karena hanya berupa lembaran, kaca film dapat digunakan untuk melapisi kaca dengan berbagai bentuk. Mulai dari bentuk standar hingga berbagai bentuk unik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com