Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta agar Kaca Optimal Digunakan

Kompas.com - 01/09/2011, 16:19 WIB

KOMPAS.com - Penggunaan kaca di dalam hunian merupakan solusi tepat memasukkan unsur cahaya ke dalam rumah. Agar kehadiran kaca di dalam rumah optimal, maka fakta-fakta berikut patut Anda pertimbangkan.

1. Manfaatkan 2 sisi

Meletakkan kaca dengan posisi dua sisi, misalnya membentuk huruf L dari tampak luar, akan memberi keuntungan. Cahaya matahari bisa masuk melalui dua sisi.

2. Bagi kaca menjadi beberapa bagian

Untuk menghasilkan sinar yang tidak monoton dan merata pada ruangan, kaca dibagi menjadi beberapa bagian (horisontal dan vertikal). Maka sinar yang datang tidak akan membosankan atau terlalu menyilaukan ruangan.

3. Sesuaikan dengan luasan bidang

Aplikasi kaca harus memperhatikan orientasi bangunan dan luasan bidang. Bagian yang langsung berhubungan dengan eksterior harus diperhatikan. Apabila berada di daerah dengan suhu dingin, maka bidang yang berhubungan dengan eksterior diminimalkan untuk mengurangi hilangnya panas.

Jika berada di daerah dengan suhu panas, bidang yang berhubungan dengan udara luar dimaksimalkan agar membantu mendinginkan ruangan.

4. Jadikan sekat transparan

Hilangkan sekat masif dan ganti dengan sekat transparan dari kaca. Maka, ruangan akan bertambah luas secara imajiner dan memungkinkan cahaya alami masuk lebih banyak.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com