Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pecahkan Masalah Kesemrawutan Kota dengan Arsitektur!

Kompas.com - 16/07/2013, 20:04 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber CTBUH

KOMPAS.com- Gedung ini memang bukan pencakar langit yang mengangkasa. Namun, gedung ini dapat mengubungkan sebuah kota dengan masa depannya, terutama karena multifungsi, multi jenjang dan secara intensif dapat mengantarkan kita kepada kemajuan.

Demikian penilaian Executive Director Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH), Antony Wood, terhadap gedung berjuluk Linked Hybrid yang berlokasi di Beijing, China. Hybrid Linked kaya palet, skala yang dikembangkan pun tepat dan konsisten.

"Kehadiran Linked Hybrid menambah jumlah karya arsitektur berkualitas tinggi untuk kota Beijing. Ini betul-betul merupakan karya yang memperkaya khazanah pembangunan urban yang tidak mengisolasi diri serta secara cerdas menghubungkan antara khayalan dan kenyataan," ujar Antony yang beberapa waktu lalu hadir di Jakarta berbicara tentang Signature Tower.

Kehadiran Linked Hybrid merupakan oase di tengah kepadatan Beijing. Gedung ini menawarkan solusi cerdas masalah sosial perkotaan yang semrawut. Arsitektur karya Steven Holl ini menggabungkan berbagai fitur desain yang berkelanjutan. Di dalamnya terdapat fungsi campuran; hunian, ruang ritel, bioskop, taman kanak-kanan, hotel, galeri seni, kolam renang dan taman.

Arsiteknya secara tepat menganyam berbagai fasilitas perkotaan yang dibutuhkan penghuni ke dalam bangunan yang intensif
. Gedung ini juga memberikan ruang seluasnya bagi pejalan kaki yang dapat menjelajah seluruh kompleks hingga dinding-dinding kota tua Beijing. Linked Hybrid merupakan karya modern, serba terbuka, mengandung banyak "pori" sebagai sumber udara segar. Proyek ini mempromosikan hubungan interaktif dan mendorong pertemuan di ruang publik secara tiga dimensi dengan kepentingan berbeda.

Linked Hybrid memiliki tiga bagian pada tiga level berbeda. Tingkat dasar menawarkan sejumlah bagian terbuka bagi penghuni dan pengunjung untuk menikmati kompleks keseluruhan. Bagian-bagian ini termasuk "mikro-urbanisme" toko-toko kecil, restoran, hotel, sekolah, dan bioskop.

Pada tingkat menengah terdapat taman atap yang dapat diakses publik, menawarkan ruang hijau yang tenang. Taman atap berdesain terbuka untuk mencerminkan struktur arsitektur sinematik. Di bagian atas, terdapat delapan menara apartemen, dan taman atap pribadi yang terhubung ke penthouse.

Delapan menara tersebut dihubungkan skybridge yang fungsional dengan kolam renang, ruang kebugaran, kafe, bar hotel, dan sebuah galeri seni. Dari tingkat atas ini, penghuni dan pengunjung dapat menikmati pemandangan kota yang menakjubkan.



Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CTBUH
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com