Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah 5 Cara Cat Kamar Mandi Tahan Lama...

Kompas.com - 29/06/2013, 12:58 WIB
Tabita Diela

Penulis


KOMPAS.com -
Dibandingkan dengan ruangan lain di dalam rumah, kamar mandi cenderung istimewa. Pasalnya, aliran air dan uap panas membuat kamar mandi akan lebih lembab dari ruangan lainnya. Ia memerlukan pelapis dinding khusus yang mampu memperkuat lapisan dinding, meski terus-menerus terkena uap, atau bahkan air.

Di Indonesia, dinding kamar mandi umumnya ditutup sebagian, atau seluruhnya dengan ubin keramik. Sebenarnya, ada beberapa alternatif lain seperti menggunakan batu alam, beton ekspos, menggabungkan ubin keramik dan cat, lempengan kayu dan cat, serta wallpaper.

Jika tertarik mentup dinding kamar mandi sebagian, atau seluruhnya dengan cat, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan.

1. Ventilasi udara memadai

Pastikan kamar mandi Anda memiliki ventilasi yang cukup. Tanpa ventilasi, kelembaban tinggi dapat merusak cat di dalam kamar mandi. Anda bisa membuat jendela yang dapat dibuka, atau menggunakan exhaust fan. Selain menjaga cat tembok di dapur, exhaust fan juga dapat mengurangi uap, embun di kaca kamar mandi, dan dinding mengering. Nyalakan exhaust tersebut selama sekitar satu jam setelah Anda mandi.

2. Gipsum terpasang rapi

Anda bisa menggunakan gipsum sebagai pelapis kamar mandi, terutama jika konsepnya "kamar mandi kering". Dua hal yang sebaiknya diperhatikan; Pertama, gunakan papan gipsum tahan lembab yang relatif lebih kuat dari papan gipsum biasa. Kedua, pastikan pemasangannya benar. Jangan sampai proses pengamplasan meninggalkan tekstur berbeda-beda. Mintalah finishing level 5 untuk mendapatkan hasil terbaik.

3. Sempurnakan sudut gipsum

Jika Anda menggunakan penutup gipsum, pastikan kamar mandi memiliki sudut yang sempurna. Gunakan pro bead corner untuk menciptakan sudut yang sempurna.

4. Cat tahan lama

Jika Anda memutuskan untuk mengecat seluruh atau sebagian dinding kamar mandi, pastikan catnya berkualitas baik yang tahan lama untuk lokasi-lokasi khusus. Lokasi tersebut meliputi daerah di sekitar jendela, atau permukaan lain yang sering dijadikan "rak penyimpanan".

5. Pencahayaan baik

Terakhir, pastikan Anda memberikan pencahayaan alami dan buatan yang cukup di kamar mandi. Pencahayaan memegang peranan penting pada penampilan kamar mandi. Jika sinar matahari mendominasi pencahayaan, sebaiknya Anda mengecek bagaimana "jatuhnya" sinar sepanjang hari. Meski baik memiliki banyak sinar alami yang masuk ke dalam kamar mandi, namun hal ini juga dapat menegaskan kesalahan pengecatan di dalamnya. Terlebih, jika Anda memilih cat mengkilap (glossy).

Perhatikan, ketika mengecat langit-langit berukuran besar, pastikan pengecatan dalam satu arah yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com