Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keindahan Fasad Kantor Origami

Kompas.com - 29/05/2013, 11:08 WIB

KOMPAS.com - Kantor ini berada di kawasan mewah Perancis, tepatnya di antara megahnya lengkungan Arc de Triomphe dan pemandangan Paris nan menakjubkan. Usaha sang arsitek menyeimbangkan keindahan kota dengan gedung perkantoran karya Manuelle Gautrand ini layak disimak.

Sulit menggunakan marmer sebagai "kulit kedua", Manuelle Gautrand memberikan "marmer origami" pada fasad gedung ini. Corak marmer pada permukaan bangunan tersebut merupakan hasil cetak. Dengan cara itu, permukaan fasad menjadi lebih berwarna.

Selain lebih berwarna, lapisan kedua gedung tersebut juga memiliki fungsi lain. Tidak sekadar mempercantik gedung, "kulit kedua" ini juga mampu mengurangi panas dan konsumsi energi.

Pada awalnya, sang arsitek memiliki visi dengan membayangkan marmer-marmer dipotong kecil dan dilipat-lipat. Tentu saja, hal tersebut mustahil dilakukan. Maka, ia kemudian mencetak corak marmer pada permukaan yang jauh lebih tipis.

Penempatan corak marmer ini pun tidak sembarangan. Sang arsitek sengaja menempatkan "urat" marmer tepat pada bagian-bagian lekukan. Marmer membuat fasad serta eksterior gedung ini tampak elegan.

Berbeda dengan bagian luarnya, bagian dalam gedung ini justeru terkesan lebih muda, modern, dan kontemporer. Penggunaan lampu-lampu berwarna ungu yang "ditanam" di dalam dinding, serta lampu-lampu gantung unik, dan dominasi interior bernuansa modern minimalis menjadi penyeimbang sempurna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com