Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Shabby Chic", Gaya Interior Favorit Kaum Hawa

Kompas.com - 02/05/2013, 17:19 WIB

KOMPAS.com - Beberapa tema interior dapat menciptakan kesan yang cenderung feminin, seperti victorian, romantic, dan country. Tema-tema tersebut menjadi favorit kebanyakan kaum hawa, termasuk tema shabby chic yang kini semakin diminati.

Setiap tema memiliki karakteristik yang membedakannya dari tema-tema lain, tak terkecuali tema shabby chic. Karakteristiknya memang cukup spesifik dan mendetail, terutama dalam hal aksesori dekoratif.

Namun, bukan berarti pengolahannya pada interior jadi "ribet" dan sulit dilakukan. Berikut esensi yang dapat diambil dari karakter shabby chic:

Warna pastel

Bila biasanya Anda menerapkan warna cerah dan ceria pada kamar anak, Anda perlu menurunkan tone warna tersebut ke arah yang lebih memutih dan lembut. Merah muda, hijau mint, krem, dan putih gading sebagai pilihan tepat.

Sulur bunga

Seperti halnya tema romantic, dekorasi berupa bunga-bungaan juga dibutuhkan sebagai penegas sifat feminin dari shabby chic. Namun, perlu diingat, pilihlah bunga-bungaan dengan warna-warna lembut sesuai palet warna.

Fabric

Pada tema shabby chic, Anda dapat mengaplikasikan material kain dengan cukup maksimal. Tak hanya pada tempat tidur, tapi juga pada headboard, padded wall, dan upholstery kursi.

Furnitur putih

Jika dinding, lantai, dan aksesori sudah menggunakan berbagai paduan warna pastel beragam, maka Anda memerlukan aspek yang bisa membuat netral interior ini. Elemen paling dominan pada sebuah interior adalah furnitur. Maka, gunakan warna putih pada furnitur, sehingga kamar tidak akan terlihat terlalu ramai.

Cahaya temaram

Untuk menegaskan kesan calm, Anda bisa menggunakan teknik indirect lighting. Lampu-lampu yang tersembunyi akan menciptakan bias cahaya yang terang namun temaram. Untuk bagian-bagian yang memerlukan pencahayaan optimal, seperti meja belajar, Anda bisa mengaplikasikan down light dengan intensitas yang cukup. (Nathania Hapsari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com