Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fengsui Dapur di Tahun Ular Air

Kompas.com - 11/02/2013, 11:56 WIB

KOMPAS.com - Penerapan prinsip fengsui di dalam rumah hampir tidak terbatas. Semua ruang berdasarkan lokasi dan kegunaannya dapat ditata sesuai prinsip-prinsip tersebut, termasuk soal dapur. Apalagi, dapur merupakan lokasi penting sebagai simbol dalam kesejahteraan personal dan keuangan.

Menyambut tahun baru Imlek, Monique Leander, Product Manager Kitchen Appliances PT Electrolux Indonesia berbagi tips dalam penataan dapur 2013 berdasarkan fengsui berikut ini. Simak berikut ini:

Tempat yang tepat bagi peralatan

“Dapur merupakan tempat dimana elemen api dan air yang berlawanan disarankan ada secara berdampingan. Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan posisi peletakan kompor, wastafel dan lemari es supaya tidak terletak tepat berseberangan atau berdampingan satu sama lain. Sangatlah baik, jika kita menerapkan prinsip klasik kitchen triangle (segitiga dapur) yang menempatkan tiga perlengkapan dapur utama dalam tatanan segitiga yang dapat meminimalisir pergerakan di antara tiga perlengkapan tersebut selama memasak," jelas Monique.

Padukan warna dan aksen halus dengan cara kontras

Berikan tampilan stainless steel dalam rangkaian koleksi perangkat dapur Anda. Warna-warna terang seperti putih dan kuning merupakan pilihan yang baik. Warna-warna tersebut dapat membuat ruangan menjadi lebih terang. Sementara warna-warna kuat dapat Anda gunakan dalam aksen dan perlengkapan.

Gunakan juga warna yang terkesan "kuat" sepertu hitam. Warna ini merupakan elemen air dan bisa Anda gunakan pada area-area yang memerlukannya.

Sembunyikan tepian

Bentuk dan sudut yang tajam bukan hanya membahayakan Anda, namun kedua hal tersebut disebut-sebut mampu membawa energi negatif dan kurang baik untuk ruang dapur. Anda bisa mengatasi hal ini dengan memberikan tempat menyimpanan khusus bagi pisau atau barang-barang tajam lainnya.

Gunakan bentuk-bentuk membulat untuk panci dan wajan. Pilihlah panci dan wajan berbahan stainless steel. Selain itu, untuk mengurasi sudut tajam, Anda juga dapat memilih kompor tanam dengan kaca yang mulus, tahan panas, dan mudah dibersihkan.

Sisakan area kosong

Terakhir, usahakan Anda tidak membuat dapur Anda menjadi terlalu padat. Ruang terbuka dengan sinar, terutama sinar matahari alami, mampu memberikan energi positif pada dapur Anda. Untuk penyimpanan, Anda dapat menggunakan rak terbuka dan rak kaca yang tidak menghalangi pandangan Anda.

Menurut prinsip fengsui, secara visual tempat penyimpanan sepert ini melegakan ruangan dan memudahkan cahaya tersebar ke seluruh ruangan. Selain itu, bBersihkan lemari, laci, dan kulkas secara teratur. Hal ini bertujuan untuk membuang energi stagnan di dapur Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com