Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Dapur Selalu Rapi

Kompas.com - 22/01/2013, 11:32 WIB

KOMPAS.com - Dapur merupakan salah satu area terpenting di dalam rumah. Di tempat ini, Anda dapat menyiapkan makanan untuk seluruh anggota keluarga.

Sayangnya, area penting ini seringkali menjadi area paling mudah kotor dan berantakan. Untuk mengantisipasinya, berikut ini beberapa cara mudah untuk mengatur dapur rumah Anda selalu rapi:

Daftar perlengkapan masak

Sebelum mulai mengatur seluruh perlengkapan memasak milik Anda, cobalah membuat daftar inventaris. Keluarkan semua perlengkapan memasak dari tempatnya, lalu kelompokkan sesuai fungsi dan tipe. Setelah itu, putuskanlah cara Anda akan menyimpan kembali barang-barang tersebut.

Jangan simpan yang tak terpakai

Setelah mengeluarkan semua perlengkapan memasak, Anda akan melihat barang-barang yang jarang atau bahkan tidak pernah Anda gunakan. Daripada memenuhi dapur, sebaiknya Anda memberikan barang-barang tersebut ke orang lain yang lebih membutuhkannya.

Ciptakan "zona dapur"

Buatlah area di dalam dapur Anda. Khususkan setiap area tersebut untuk satu kegiatan. Misalnya, area untuk menyiapkan makanan. Area ini sebaiknya memang khusus untuk memotong bahan makanan, mencampur, dan menyiapkannya sebelum dimasak.

Area kedua adalah area memasak dan area ketiga adalah area khusus untuk membersihkan perlengkapan memasak, perlengkapan makan, dan membersihkan bahan makanan. Area ketiga ini akan membutuhkan wastafel dan tempat sampah. Selain itu, Anda bisa juga membuat area untuk menyediakan makanan dan menyimpan makanan.

Posisi perlengkapan

Ada beberapa perlengkapan memasak yang sering Anda gunakan. Simpan perlengkapan ini di lokasi yang mudah terjangkau. Penempatan ini akan memudahkan Anda menghemat waktu dalam memasak.

Atur sesuai tipe

Jangan sembarang menyimpan perlengkapan masak Anda. Atur panci agar menumpuk dari ukuran terkecil hingga terbesar. Panci terkecil berada di paling atas dan panci terbesar berada di paling bawah. Setelah itu, letakkan semua tutup panci di atasnya, agar Anda tidak perlu sulit mencari.

Selain peralatan memasak, bahan baku untuk memasak juga harus Anda perhatikan. Letakkan bumbu jauh dari kompor agar lebih awet.

Penyimpanan "cerdas"

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com