Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Hijau dan Nyaman ala Jaye Tan

Kompas.com - 06/10/2011, 09:21 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Jaye Tan, seorang arsitek dari DP Architect Singapura, menetapkan syarat tertentu dalam merancang rumah yang akan sekaligus dia jadikan kantor. Di Singapura, rumah harus memenuhi syarat sebagai sebuah bangunan hijau, namun tetap nyaman dan sejuk, serta enak dipandang sebagai sebuah hunian.

Rumah yang dibangun oleh Tan itu, misalnya, juga harus memiliki sertifikasi Green Mark Platinum untuk hunian dari Building and Construction Authority (BCA) Singapura. Meskipun tidak 100 persen menciptakan energi sendiri untuk listrik, Tan memanfaatkan sinar matahari yang melimpah semaksimal mungkin. Dia merancang rumah panggungnya itu dengan kaca pada bagian depan dan belakang rumahnya.

"Saya tidak perlu menyalakan lampu pada siang hari, karena sinar matahari bisa masuk ke rumah," ujar perempuan berambut model bob pendek ini, saat ditemui KOMPAS.com, awal September lalu.

Nah, apa saja konsep hijau yang diterapkan oleh Tan di rumahnya? Berikut beberapa hal yang ia lakukan dan bisa dijadikan panduan:

Reflektor matahari

Tentu, dengan konsep bangunan hijau, diperlukan trik-trik khusus untuk menahan panas. Tan menghias dinding pada belakang rumahnya dengan tanaman rambat.

"Selain menambah keindahan, tanaman ini mampu meredam panas matahari," lanjutnya.

Warna putih

Trik lainnya adalah memasang tirai putih transparan untuk memantulkan panas. Alasannya, warna putih mampu memantulkan panas.

"Jadi kita hanya mendapatkan sinarnya, bukan panasnya," jelas Tan.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com