Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sektor Perumahan, Investasi Properti 2011 Paling Berkembang

Kompas.com - 19/02/2011, 19:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tahun kelinci emas ini, bisnis properti khususnya sektor perumahan akan berkembang pesat. Kawasan satelit Jakarta yang tadinya dinilai tidak potensial, mulai digarap oleh para investor.

"Tahun 2011 ini, saya melihat bisnis perumahan yang paling berkembang. Harga rumah sekitar Rp 300 Juta akan meningkat pesat karena lahan semakin sempit. Bahkan daerah pinggir Jakarta yang tadinya dikira tidak potensial akan banyak digarap investor," kata The Steven Eric Lazuardi, konseptor Hokiplus Solutions For Life kepada Kompas.com di Mal Pejaten Village, Jakarta Selatan, Sabtu (19/2/2011).

Menurut Steven, daerah yang akan banyak digarap untuk sektor perumahan selain Serpong dan Tangerang adalah Jonggol dan Cibubur. "Kalau beli tanah di Serpong sudah mulai mahal. Tapi kalau di Jonggol dan Cibubur ini masih potensial karena konsep alamnya, konsep hijaunya, dan ditambah pembangunan tol Jagorawi yang memberi akses kemudahan transportasi," ujarnya.

Meski akan menjadi sektor paling berkembang, diakui Steven, lahan untuk pembangunan rumah akan semakin sempit. Orang-orang properti lalu memunculkan konsep hunian vertikal untuk menyiasati lahan yang makin sempit.

"Sekarang selain punya rumah tapi dengan lahan tidak terlalu luas, tinggal di apartemen juga menjadi pilihan. Apartemen dipilih karena konsepnya seperti hotel. Ini juga sedang beken untuk tahun 2011," ujarnya. (Natalia Ririh)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com