Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saphire d'Consulate Lounge, Fasilitas Baru Pengguna Bandara

Kompas.com - 24/08/2010, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Over capacity yang terjadi di Bandara International Soekarno Hatta, dengan jumlah penumpang yang melebihi kapasitas setiap tahunnya, mengakibatkan ketidaknyamanan bagi penumpang.

Saphire d'Consulate Lounge hadir sebagai jasa layanan yang memberikan dan meningkatkan kenyamanan penumpang di tengah kepadatan jumlah penumpang.

"Over capacity terjadi di Bandara Soekarno Hatta. Bandara ini hanya memiliki kapasitas maksimum 22 juta penumpang per tahun, namun harus melayani 37 juta penumpang per tahun. Dengan adanya over capacity tersebut sangat mustahil untuk dapat memberikan kenyamanan pada penumpang bandara," ucap Tri S. Sunoko, Direktur Utama PT Angkasa Pura II, dalam konferensi pers Peresmian Penggunaan Saphire d'Consulate Lounge, Selasa (24/8/2010) di Terminal 2DE Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Diungkapkannya, hadirnya Saphire d'Consulate Lounge dapat menjadi salah satu solusi bagi peningkatan kenyamanan pemakai Bandara Soekarno Hatta.

Menyambut positif usaha yang dilakukan oleh Saphire yang bekerja sama dengan d'Consulate Group tersebut, dalam salah satu upaya meningkatkan kenyamanan penumpang di tengah kepadatan. "Kita memang sedang melakukan optimalisasi, bagaimana penumpang bisa nyaman dalam keadaan yang padat, dan salah satunya adalah dengan Saphire d'Consulate Lounge ini," tuturnya.

Dijelaskan oleh Edyana Paramitasari, Presiden Direktur PT Angkasa Pura Schiphol, Saphire d'Consulate Lounge ini terbuka untuk umum dan diharapkan dapat memenuhi tuntutan kebutuhan para Frequent Fliers atau Rich and Premium yang sering bepergian melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Khusus untuk anggota Saphire, Lounge ini adalah fasilitas baru di luar fasilitas yang sudah ada dari program Saphire, yaitu area parkir khusus, pintu masuk khusus ke area check-in, konter khusus check-in pada maskapai penerbangan yang bekerja sama, dan proses keimigrasian secara elektronik melalui mesin Automatic Border Passage.

Saphire d'Consulate Lounge memberikan layanan-layanan khusus, yang adalah pelayanan Airlines Check-in dan penanganan bagasi untuk maskapai penerbangan yang bekerja sama, yang dilakukan di Lounge tersebut, akses khusus untuk keluar ataupun masuk ke area terminal, serta asitensi untuk melakukan pembayaran Airport Tax dan pengurusan fiskal.

"Ide ini dari problem Angkasa Pura II untuk menangani over capacity yang terjadi. Memberikan kenyamanan bagi penumpang, di mana pengurusan check-in, fiskal, Airport Tax, bagasi diurus oleh jasa ini," tutur perempuan tersebut.

Ditambahkannya, Saphire d'Consulate Lounge juga dilengkapi berbagai fasilitas lainnya, seperti ruang meeting, business center, dan gratis pijat reflexi. "Ini gratis bagi anggota Saphire yang akan bepergian. Bagi kalangan umum dikenakan biaya Rp325.000 nett/pax/visit," lanjutnya menerangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com