Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Penutup Lantai Terbaik untuk Ruang Tamu, Pilih yang Mana?

Kompas.com - 15/09/2023, 06:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih penutup lantai terbaik untuk ruang tamu perlu banyak pertimbangan. Terlebih ini merupakan salah satu area tersibuk di rumah.

Beberapa pertimbangan yang perlu Anda pikirkan saat memilih lantai untuk ruang tamu seperti seberapa sering Anda menjamu tamu hingga apakah Anda memiliki anak atau hewan peliharaan.

Meskipun karpet secara tradisional menjadi pilihan lantai yang cukup favorit untuk ruang tamu, namun banyak pilihan lain lebih mudah dibersihkan dan dirawat.

Seperti dikutip dari laman Home Tarkett, berikut 3 pilihan lantai yang bisa Anda pertimbangkan untuk area ruang tamu.

Baca juga: 3 Alasan Memilih Kayu Sebagai Penutup Lantai Rumah Minimalis

1. Lantai vinyl

Pilihan pertama adalah lantai vinyl yang sangat tahan lama dan tahan terhadap goresan, lecet, dan kelembapan.

Lantai ini juga mudah dipasang dan dirawat dan tersedia dalam beragam warna dan desain yang bisa Anda pilih.

Jika dibandingkan dengan pilihan lantai lainnya seperti lantai kayu keras atau ubin, maka harga vinyl jauh lebih terjangkau.

Karena itu, lantai vinyl merupakan pilihan yang sangat baik bagi pemilik rumah yang ingin menghemat anggaran namun tetap menginginkan lantai dengan tampilan kayu.

 

2. Lantai kayu

Pilihan selanjutnya adalah lantai kayu yang menawarkan tampilan elegan serta menghadirkan kehangatan alami ke ruang tamu.

Permukaan lantai kayu lebih nyaman untuk dipijak, terutama jika dibandingkan dengan ubin keramik atau porselen.

Meskipun harganya cukup mahal di pasaran, namun lantai kayu sangat tahan lama. Jika muncul tanda-tanda keausan, Anda bisa melakukan pemolesan ulang.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Lantai Kayu Solid dan Kayu Laminasi

3. Lantai laminasi

Bagi pemilik rumah yang mencari finishing seperti lantai kayu namun dengan harga lebih terjangkau, maka lantai laminasi bisa menjadi pilihan.

Seperti halnya lantai vinyl, lantai laminasi dapat dibuat memiliki tampilan seperti lantai kayu, serta bahan alami lainnya seperti ubin dan batu.

Lantai laminasi berkualitas lebih tinggi juga sangat tahan lama. Papan lantai laminasi berdensitas tinggi sehingga menawarkan ketahanan yang sangat baik.

Hal ini berarti lantai laminasi dapat menahan furnitur ruang tamu yang berat tanpa penyok. Lantai ini juga tahan terhadap goresan sehingga cocok untuk ruang tamu yang memiliki lalu lintas tinggi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com