Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Lantai Vinyl di Rumah? Begini Cara Tepat Membersihkannya

Kompas.com - 22/06/2023, 17:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber HGTV

JAKARTA, KOMPAS.com - Lantai vinyl merupakan salah satu pilihan penutup lantai yang banyak dipilih masyarakat karena harganya yang terjangkau serta tahan lama.

Meskipun demikian, lantai vinyl harus tetap dirawat dan dibersihkan secara rutin agar bisa bertahan lama.

Lantai vinyl wajib dibersihkan secara menyeluruh maksimal satu minggu sekali untuk mendapatkan efek pembersihan yang lebih maksimal.

Baca juga: Pilihan Lantai Rumah yang Cocok untuk Pengguna Kursi Roda

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyalakan penyedot debu untuk menghilangkan debu, rambut, dan kotoran yang ada di lantai.

Setelah itu, pel lantai vinyl dengan air yang dicampur dengan pembersih lantai vinyl komersial yang tersedia di pasaran.

Jika tidak ada cairan pembersih khusus, Anda dapat membuat cairan pembersih sederhana dan efektif untuk lantai vinyl yaitu dengan mencampur cuka apel dengan air.

 

Tingkat keasaman dalam cuka terbukti bisa menghilangkan kotoran tanpa meninggalkan lapisan sabun pada lantai.

Bila lantai vinyl yang ada di rumah dalam kondisi yang sangat kotor, misalnya terkena tumpahan jus buah atau saus tomat, maka bersihkanlah lantai dengan pasta soda kue.

Campurkan soda kue dan air hingga berbentuk pasta, kemudian gosok di lantai dengan handuk lembut hingga noda terangkat. Bersihkan residu soda kue dari lantai dengan bantuan larutan cuka dan air.

Untuk noda membandel seperti lipstik, krayon, cat atau tinta, oleskan alkohol gosok ke noda dan gosok dengan sikat berbulu lembut.

Baca juga: Warga Lansia, Pertimbangkan Ini Sebelum Memilih Penutup Lantai Rumah

Jangan gunakan sabut baja atau sikat yang lebih abrasif karena dapat menggores lantai dan sehingga tampilannya tidak lagi menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com