Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Memilih Pencahayaan untuk Dapur Rumah Minimalis Modern

Kompas.com - 26/07/2023, 12:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih pencahayaan untuk rumah minimalis modern bisa menjadi tugas yang sangat rumit, tetapi dapat memberi Anda kepuasan besar bila berhasil melakukannya.

Setiap ruangan yang ada di rumah minimalis modern memilih kebutuhan pencahayaan yang berbeda-beda termasuk untuk area dapur.

Saat ini, dapur di rumah modern sudah didesain menyatu dengan ruang makan. Karena itu, fungsinya tidak hanya untuk memasak, namun juga untuk makan dan menjadi tempat bagi keluarga bertemu.

Baca juga: Bagaimana Menghitung Pencahayaan yang Tepat di Setiap Ruang?

Seperti dikutip dari laman Marchetti Illuminazione, terdapat dua area yang penting untuk diberi pencahayaan yakni area memasak dan area makan.

Untuk area memasak tepatnya di atas kompor, gunakan sistem lampu sorot terarah. Anda bisa memasang lampu sorot tertanam di lemari dapur atau pasang di area langit-langit.

 

Sementara untuk ruang makan, lebih baik gunakan pencahayaan yang lebih luas namun tegas dan memungkinkan anggota keluarga atau tamu untuk melihat dengan jelas isi hidangan mereka.

Pastikan lampu tersebut tidak diposisikan terlalu tinggi sehingga menyebabkan ketidaknyamanan, yang akan berdampak negatif pada fungsi pencahayaan.

Baca juga: Bikin Kotor dan Membahayakan, 4 Benda Ini Jangan Ditaruh di Rak Dapur

Anda bisa menemukan berbagai model desain lampu gantung yang bisa disesuaikan dengan gaya rumah modern yang ingin ditampilkan.

Jika ingin membuat suasana ruangan yang kontras, ingat agar jangan terlalu berlebihan karena bisa menciptakan celah visual yang tidak akan terlihat menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com