Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahan Dapur Ini Bisa Bikin Keramik Kamar Mandi Anda Kembali Kinclong

Kompas.com - 04/07/2023, 08:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Banyak hal yang membuat keramik kamar mandi Anda kehilangan kilau alaminya sehingga terlihat kusam dan tidak menarik. 

Selain penumpukan debu dan kotoran, paparan sinar ultra violet (UV) yang berlebihan juga berpengaruh pada tampilan keramik kamar mandi

Namun, Anda tak perlu khawatir harus mengeluarkan banyak dana. Dua bahan dapur ini dapat mengembalikan kilau keramik kamar mandi dengan cepat. 

Baca juga: Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi Layaknya Seorang Profesional

1. Menggunakan Cuka

Bahan dapur pertama yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat keramik kamar mandi kembali berkilau adalah cuka.

Untuk memulai proses pembersihan, siapkan campuran air dan cuka dalam ember atau wadah besar  Anda dapat memilih rasio berdasarkan preferensi Anda, tetapi biasanya disarankan untuk memulai dengan rasio 2 : 1 (2 liter air dan 1 lieter cuka). 

Selanjutnya, celupkan kain lembut ke dalam larutan tersebut dan mulailah menggosok ubin keramik Anda dengan gerakan melingkar kecil.

Kuncinya adalah melakukan peroses pembersihan dengan gerakan ang lembut agar Anda tidak merusak permukaan ubin atau menggoresnya.

Setelah rampung, bilas sisa residu dari permukaan keramik kamar mandi menggunakan air bersih. Terakhir, keringkan ubin dengan kain bersih atau handuk kertas.

 

2. Menggunakan Soda Kue

Cara berikutnya yang terbukti paling efektif untuk mengembalikan kilau keramik kamar mandi adalah dengan menggunakan baking soda.

Bahan ini adalah penghilang lemak dan noda yang kuat sehingga menjadikannya pilihan tepat untuk mengangkat kotoran dan debu dari permukaan ubin keramik.

Baca juga: 3 Alasan Memilih Kayu Sebagai Penutup Lantai Rumah Minimalis

 

Cukup campurkan sedikit soda kue dengan air dan aplikasikan di atas ubin keramik menggunakan kain pel atau spons basah.

Biarkan campuran selama beberapa menit sebelum dibersihkan, kemudian Anda bisa melihat permukaan keramik kamar mandi mulai bersinar lagi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com