Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Anda Memiliki Dapur yang Tak Punya Jendela?

Kompas.com - 25/06/2023, 14:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur merupakan salah satu ruangan di rumah yang paling sering digunakan terutama untuk memasak.

Dari banyaknya elemen dekorasi yang ada di dapur, jendela merupakan salah satu fitur yang dipertimbangkan kehadirannya.

Namun demikian, jika Anda tinggal di kawasan padat penduduk dan tak memungkinkan untuk renovasi, bisakah memiliki dapur tanpa kehadiran jendela?

Jika seseorang memberitahu Anda bahwa mereka memiliki dapur tanpa jendela, Anda mungkin akan langsung mengira bahwa dapur mereka serupa ruangan gelap yang penuh dengan perabotan.

Baca juga: Masuk Musim Hujan, Begini Cara Bikin Kaca Jendela Rumah Tetap Kinclong

Namun demikian, seperti dikutip dari laman Kitchen, Bed & Bath, kehadiran jendela di dapur sebenarnya tidak diperlukan. Tetapi jika Anda memiliki setidaknya satu jendela, itu akan bermanfaat.

Dengan asumsi Anda akan menghabiskan banyak waktu di dapur, Anda pasti ingin dapur terasa lebih efisien, nyaman, dan yang terpenting fungsional.

Kehadiran minimal satu saja jendela akan membuat dapur terlihat lebih terbuka dan seimbang sehingga menimbulkan perasaan yang nyaman.

Sangat mungkin untuk memiliki dapur tanpa jendela. Namun, tanpa jendela, Anda akan kehilangan cahaya dan ventilasi.

 

Untuk dapur tanpa jendela, Anda perlu memilih warna cat yang tepat. Tidak disarankan menggunakan warna gelap untuk dinding dan plafon karena tidak akan memantulkan cahaya.

Jangan gunakan wallpaper atau dekorasi lain dengan pola yang lebar dan ramai karena juga mengurangi ruang secara visual.

Seperti halnya dinding, warna penutup lantai di dapur juga harus cerah. Pemakaian warna pastel, krem, dan putih sangat direkomendasikan.

Baca juga: Di Manakah Jendela Kaca Patri Tertua di Dunia Berada?

Jika dapur Anda kecil, pencahayaan di area plafon sudah cukup. Namun, Anda memerlukan lampu tambahan di tempat yang berbeda untuk ruang yang lebih besar. Misalnya tambahan lampu LED di bawah lemari dapur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com