Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Hal yang Bisa Bikin AC di Rumah Rusak Saat Musim Hujan

Kompas.com - 26/06/2023, 21:40 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Easy AC

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika musim hujan tiba, banyak hal di rumah yang harus Anda perhatikan termasuk ketahanan penyejuk udara atau AC.

Saat hujan lebat, banyak hal yang terjadi dan bisa merusak unit AC yang ada di rumah. Hal ini tentu tidak Anda inginkan karena harus mengeluarkan biaya perbaikan.

Karena itu, berikut beberapa hal yang harus diantisipasi agar tidak membuat AC rusak ketika musim hujan tiba seperti dikutip dari laman Easy AC

Baca juga: Begini Cara Membersihkan AC Portabel di Rumah Anda

Kotoran

Hujan deras biasanya disertai dengan angin kencang. Saat angin kencang berhembus, maka segala macam kotoran akan dibawa dan bisa bersarang di sistem AC.

Jika tidak segera dibersihkan, maka AC lama kelamaan tidak bisa berfungsi dengan baik bahkan alami kerusakan.

Angin kencang juga dapat membenturkan peralatan taman bermain dan atau furnitur yang ada di teras ke unit AC yang ada di luar ruangan.

Setelah angin kencang, Anda harus memeriksa unit Anda apakah ada cabang, daun, dan benda lain yang mungkin tertiup dan masuk ke sistem AC.

 

Banjir

Tergantung pada daerah mana Anda berdomisili, banjir bisa menjadi ancaman yang sangat berisiko saat musim hujan tiba.

Banjir ringan seharusnya tidak merusak AC tetapi genangan air banjir di atas 1 meter atau lebih dapat merusak komponen listrik unit.

Jika AC di rumah terendam banjir maka, hubungi teknisi AC sebelum menyalakan kembali unit untuk pertama kali.

Baca juga: Bolehkah Menyalakan AC yang Tak Punya Filter Udara?

Menutupi Unit AC

Beberapa pemilik rumah tergoda untuk menutupi unit AC selama musim hujan untuk menghindari masuknya puing-puing kotoran.

Tetapi dengan kelembaban tinggi yang sebenarnya cara ini justru dapat menyebabkan timbulnya jamur, karat, dan pembusukan.

Terkena petir

Di beberapa kota, hujan deras sering beriringan datang dengan petir. Meskipun kecil kemungkinannya petir akan menyambar AC namun ada kemungkinan petir dapat menyambar rumah Anda dan menyebabkan lonjakan listrik.

Lonjakan listrik tiba-tiba bisa merusak alat elektronik di rumah termasuk AC. Karena itu, pasang pelindung lonjakan daya untuk mencegah terjadinya hal ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com