Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanda Lemari Es di Rumah Alami Kebocoran Freon

Kompas.com - 20/06/2023, 18:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Freon merupakan salah satu komponen utama dalam lemari es atau kulkas modern. Senyawa ini digunakan untuk mendinginkan setiap kompartemen internal kulkas tetap dingin.

Meskipun letak freon dirancang untuk menjadi sistem tertutup, kebocoran dapat terjadi dan hal ini tidak hanya dapat mengganggu kesegaran makanan yang disimpan.

Agar tidak mengalami masalah, berikut 5 tanda yang muncul ketika freon yang ada di lemari es alami kebocoran seperti dikutip dari laman Universal Appliance Repair

Baca juga: Ini Penyebab Lemari Es Berkarat dan Cara Mengatasinya

1. Makanan tidak dingin

Saat mengalami kebocoran freon, maka unit lemari es Anda tidak akan bisa bekerja dengan baik. Hal ini menyebabkan makanan, minuman, dan bahan-bahan lainnya yang ada di dalam lemari es tidak sedingin dan sesegar yang seharusnya.

Jika produk yang ada di lemari es Anda terasa sedikit lebih hangat, bisa jadi karena kebocoran freon. Sebelum semua bahan makanan Anda rusak, lemari es Anda harus diperiksa untuk diperbaiki secepat mungkin.

2. Mesin terus berjalan

Saat suhu lemari es Anda meningkat, kompresor dan kondensor bekerja menggunakan freon untuk menurunkan suhu ke tingkat yang diinginkan.

Ketika terjadi kebocoran freon, mesin akan dipaksa bekerja lebih lama untuk mencoba mengkompensasi jumlah refrigeran yang kurang.

Ini dapat membuat mesin bekerja di bawah tekanan berlebihan, yang bila terjadi dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan.

 

3. Tagihan listrik membengkak

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kebocoran freon menyebabkan mesin lemari es di rumah bekerja lebih keras dan lama.

Karena itu, energi yang digunakan juga semakin besar. Akibatnya, ada peningkatan konsumsi listrik yang berpengaruh pada kenaikan tagihan bulanan.

Jika tagihan listrik Anda mulai melonjak tanpa alasan maka coba lakukan pengecekan apakah ada yang salah dengan peralatan elektronik di rumah, termasuk lemari es. .

Baca juga: Enam Langkah Mudah Buat Lemari Es Hemat Energi

4. Muncul bau aneh

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com