Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Soda Kue Menghilangkan Alga di Kolam Ikan Minimalis?

Kompas.com - 08/11/2022, 14:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Pertumbuhan alga yang berlebihan merupakan salah satu masalah yang sering dijumpai dalam kolam ikan minimalis.

Padahal alga yang tumbuh berlebihandapat mengurangi pasokan oksigen dan berbahaya bagi kesehatan kolam ikan minimalis.

Ada ratusan klaim campuran bahwa larutan campuran dari berbagai bahan dapur bisa untuk membunuh ganggang.

Meskipun sering digunakan sebagai campuran untuk larutan pembersih, namun soda kue bukanlah salah satu perawatan efektif yang bisa Anda gunakan untuk kolam ikan minimalis.

Baca juga: Begini Cara Membuat Kolam Ikan di Teras Rumah Minimalis

Seperti dikutip dari BTL Liners, soda kue merupakan bahan yang bersifat basa. Karena menimbulkan reaksi ketika dicampur dengan bahan asam, banyak orang menganggap soda kue dapat digunakan untuk mengubah pH kolam dan mencegah pertumbuhan alga.

Dalam jumlah sedikit, larutan soda kue ke dalam kolam tidak akan berpengaruh untuk memperlambat pertumbuhan alga atau mengubah pH air.

 

Soda kue memang bisa membunuh alga bila dituangkan dalam jumlah yang sangat banyak. Namun, air kolam akan berubah menjadi sangat asing dani dapat membunuh semua tanaman dan ikan di dalam kolam.

Kemudian air asin yang harus dibuang ke saluran pembuangan tersebut juga akan merusak kondisi tanah sekitar.

Soda kue hanya boleh digunakan di kolam untuk menggosok noda atau endapan alga pada lapisan kolam yang terbuka saat air dikeringkan.

Baca juga: Ketahui 3 Jenis Filter untuk Ditempatkan pada Kolam Ikan Minimalis

Bila ada residu yang tertinggal dalam jumlah kecil dari proses pembersihan dipastikan tidak akan melukai ikan atau memiliki efek pada perubahan pH.

Untuk menghilangkan alga, sebaiknya pakai produk penghilang alga yang juga aman bagi ikan. Produ-produk tersebut bisa didapatkan di toko ikan peliharaan terdekat.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com