Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Membuat Kolam Ikan di Teras Rumah Minimalis

Kompas.com - 07/11/2022, 14:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Bila Anda memiliki lahan yang sempit, mungkin sudah saatnya mempertimbangkan untuk membuat kolam ikan di teras rumah minimalis.

Meskipun tidak memiliki ukuran yang besar, namun kolam ikan di teras rumah minimalis bisa membuat hunian terlihat lebih asri.

Tidak seperti kolam konvensional, kolam ikan di teras rumah minimalis dapat dibuat menggunakan wadah yang berukuran lebih kecil.

Baca juga: Lakukan Ini Agar Kolam Ikan Mas di Rumah Anda Tetap Terawat

Pilihlah wadah yang tahan terhadap cuaca, yakni yang bisa mencegah kondisi air tetap stabil meskipun cuaca sedang panas atau dingin.

Anda bisa membuat kolam sendiri dengan bantuan material semen dan bebatuan, baik berbentuk bulat, persegi atau persegi panjang.

Pilihan lainnya memanfaatkan pot bunga tanpa lubang di bagian bawah, bejana, atau kolam air mancur yang memiliki ukuran sedang.

Sebelum mengisi kolam tersebut dengan air, lapisi dasarnya dengan gabus, styrofoam, atau plastik seperti halnya ketika membuat kolam ikan di pekarangan.

Setelah itu, lapisi permukaan bagian luar wadah dengan cat pelapis untuk memberikan jaminan lebih bahwa air di dalamnya tidak akan bocor.

Selanjutnya, isi wadah dengan air dan masukan ikan yang diinginkan. Sesuaikan juga jumlah dan ukuran ikan dengan ukuran wadah yang digunakan.

Baca juga: Seberapa Sering Anda Harus Mengganti Air di Kolam Ikan Koi Minimalis?

Tempatkan juga tanaman air di dalam kolam ikan mini tersebut agar bisa memberikan tambahan pasokan oksigen kepada ikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com