Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan Mengapa Anda Tak Perlu Memiliki Panel Surya di Rumah

Kompas.com - 14/09/2022, 18:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Menggunakan panel surya di rumah merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan bila Anda ingin beralih ke sumber energi alternatif

Panel surya dapat menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi listrik untuk keperluan rumah tangga. Energi matahari tak hanya lebih ramah lingkungan, namun juga tersedia melimpah. 

Namun, tidak semua masyarakat harus memiliki panel surya di rumah. Memang produk ini bekerja baik untuk beberapa konsumen. Tapi bagi orang lain panel surya mungkin bukan pilihan yang tepat.

Berikut adalah 5 alasan mengapa Anda tidak perlu memiliki panel surya sendiri di rumah seperti dikutip dari Solar Reviews.

Baca juga: Ini 5 Manfaat Menggunakan Panel Surya di Rumah

1. Masalah atap yang tidak cocok

Untuk penggunaan domestik, hampir semua panel surya harus dipasang di area atap rumah. Hal ini karena atap merupakan tempat terbaik untuk mendapatkan paparan sinar matahari.

Namun sebaiknya hindari membeli panel surya bila atap di rumah Anda terlalu tua karena justru akan memperburuk keadaan.

Bila area atap rumah terlalu kecil sebaiknya jangan pasang panel surya. Hal tersebut karena panel tidak akan menghasilkan cukup listrik yang justru bisa berdampak pada tagihan Anda.

Jika tata letak atap di rumah Anda tidak menguntungkan yakni menjauhi matahari atau tidak berada pada sudut yang optimal maka listrik yang dihasilkan juga lebih sedikit.

2. Tak ada tempat untuk meletakan panel surya

Atap memang bukanlah satu-satunya tempat untuk meletakkan panel surya. Beberapa orang meletakkannya di halaman belakang rumah atau pada struktur sekunder di rumah seperti atap gazebo.

Jika tidak memilikinya halaman yang cukup atau struktur sekunder di rumah, berarti Anda harus menunda pembelian panel surya untuk sementara waktu.

3. Berencana pindah

Jika Anda berencana untuk meninggalkan tempat tinggal saat ini dalam beberapa tahun ke depan, sebaiknya pertimbangkan kembali untuk membeli panel surya.

Hal tersebut karena cukup sulit untuk melepas panel surya dari atap dan memasangnya kembali di atap rumah yang baru.

Jumlah biaya yang harus dikeluarkan juga cukup besar baik untuk pelepasan dan pemasangan serta transportasinya.

Baca juga: Sejarah Perkembangan Panel Surya: Dulu Hingga Kini


4. Tagihan listrik rendah

Menghemat tagihan listrik adalah alasan dari sebagian besar pemilik rumah yang telah memasang panel surya atau sedang mempertimbangkan untuk memasangnya.

Namun, demikian bila tagihan listrik di rumah Anda sudah rendah sebaiknya tak perlu memasang panel surya. Lebih baik berinvestasilah kepada penggunaan produk-produk yang hemat energi dan ramah lingkungan. 

5. Kondisi keuangan

Biaya pembelian awal panel surya cukup tinggi bila dibandingkan dengan sumber energi lainnya. Belum lagi biaya pemasangan yang nantinya dikeluarkan.

Bila Anda tidak memiliki cukup dana sebaiknya jangan ambil risiko untuk membeli panel surya yang baru.

Pikirkan, apakah benar membeli panel surya merupakan suatu kebutuhan yang bisa dipenuhi saat ini atau justru bisa ditunda beberapa tahun kemudian. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com