Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemenang Pritzker Rancang Toilet Berbentuk Jamur

Kompas.com - 22/07/2021, 07:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Dezeen

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemenang penghargaan Arsitektur Pritzker, Toyo Ito, merancang toilet umum berbentuk jamur sebagai partisipasinya dalam Tokyo Toilet Project yang digagas oleh Nippon Foundation.

Toilet rancangan Ito dibangun untuk menggantikan blok toilet sebelumnya yang berada di bagian bawah tangga dan mengarah ke kuil Yoyogi Hachimangu di distrik Shibuya Tokyo.

Ito membuat toilet lama tersebut menjadi tiga blok silinder yang ditutup atap berbentuk kubah menjorok sehingga mengingatkan kita pada bentuk jamur.

"Saya tidak ingin menggunakan toilet umum kebanyakan bahkan sebagai seorang laki-laki," kata Ito seperti dikutip dari Dezeen, Rabu (21/07/2021).

Baca juga: Hanya di Jepang, Perancang Busana Louis Vuitton Mendesain Toilet Umum

“Oleh karena itu, kali ini saya menciptakan desain toilet yang kasual sehingga bisa digunakan dengan pikiran yang tenang.” jelasnya. 

Toilet ini terdiri atas tiga bilik. Bilik paling besar berada di bagian belakang. Dua bilik toilet lainnya dibuat terpisah, satu untuk wanita dan satunya lagi untuk pria.

Dinding ke tiga toilet ini dilapisi oleh ubin merah, merah muda dan putih, yang disusun berurutan dari bagian lantai hingga ke dinding toilet. 

Sementara atap pada setiap bilik dinaikkan di atas dinding untuk memungkinkan cahaya alami dan udara masuk ke toilet.

Dengan memecah toilet lama menjadi tiga bagian, Ito yakin toilet akan menjadi ruang yang aman bagi semua pengguna.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com