Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

John Riady Anggap Pandemi Covid-19 Berkah Bagi Lippo

Kompas.com - 14/03/2021, 07:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 telah menghantam seluruh sektor perekonomian Indonesia, termasuk properti

Bahkan, CEO PT Lippo Karawaci Tbk John Riady menuturkan, Pandemi Covid-19 merupakan momen terberat bagi kelangsungan bisnisnya.

Momen terberat itu dia rasakan pada tiga bulan pertama sejak virus tersebut datang ke Indonesia yaitu Maret-Mei 2020.

Namun, pada saat yang sama, Pandemi Covid-19 juga merupakan anugerah bagi Lippo untuk membantu Pemerintah Indonesia melalui Rumah Sakit (RS) Siloam.

"Saya melihat Pandemi Covid-19 ini memberikan kami kesempatan untuk bisa berbagi dan menjadi blessing (berkah) ya untuk Indonesia melalui Siloam," ucap John dalam webinar The Untold Story of Next Generation Leaders, Sabtu (13/3/2021).

John pun tersentuh dengan berbagai komitmen yang diberikan para dokter dan perawat sebagai tenaga kesehatan (nakes) untuk mempertaruhkan nyawanya demi menyembuhkan pasien terinfeksi Covid-19.

Dalam menjalankan bisnisnya, John menjalankan visi sang kakek dan ayahnya yaitu konsep stewardship (penatalayanan).

Baca juga: Rahasia Sukses Gurita Bisnis Djarum: Siap Bangkrut!

Menurut John, bisnis yang dia jalankan merupakan amanah dari Tuhan. Jadi, bukan dia yang memiliki usaha itu.

Maka dari itu, dia harus bertanggung jawab untuk mengembangkan dan memperbaiki sekaligus menjadi berkah bagi konsumen sekaligus para pegawainya.

"Jadi, konsep stewardship ini barang kali menjadi aspirasi, juga tantangan saya hingga hari ini," tutur John.

Sejuah ini, Siloam telah mengoperasikan tiga Rumah Sakit (RS) Rujukan Khusus Penanganan Covid-19 yakni, RS Siloam Kelapa Dua dan RS Siloam Mampang di Provinsi DKI Jakarta, serta RS Siloam Paal Dua di Provinsi Sulawesi Utara.

RS Siloam Kelapa Dua terletak di bagian timur Lippo Village dilengkapi dengan 214 tempat tidur dan 21 tempat tidur di antaranya berfungsi sebagai Intensive Care Unit (ICU).

Sedangkan, RS Siloam Mampang menyediakan sebanyak 415 tempat tidur dan 18 tempat tidur untuk pelayanan Intensive Care Unit (ICU).

Sementara itu, RS Siloam Paal Dua memiliki 145 tempat tidur yang dilengkapi dengan ventilator dan dukungan tim beberapa keahlian termasuk ahli paru dan anestisis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com