Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Selatan Ganti Barista dengan Robot Layani Pengunjung Kafe

Kompas.com - 26/05/2020, 14:35 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat sejumlah pengusaha melakukan berbagai macam inovasi untuk menghadapi new normal sekaligus mencegah penyebaran virus tersebut.

Misalnya, sebuah kafe di Daejeon, Korea Selatan, yang memanfaatkan robot sebagai pengganti barista untuk melayani para pelanggan.

Robot tersebut tak hanya bisa menyajikan kopi dan teh, tapi bisa bersikap sopan dalam mengantarkan pesanan kepada pelanggan.

"Ini teh latte rooibos almond (pesanan), silakan dinikmati. Teh ini akan jauh lebih nikmat jika Anda mengaduknya," ucap robot barista tersebut seperti dikutip dari Reuters, Selasa (26/5/2020).

Pelanggan dapat mengambil pesanan yang diantarkan oleh robot di atas nampan yang terpasang di dalam perangkat komputer besar berbentuk kapsul berwarna putih.

Bahkan, keberadaan barista mesin tersebut dapat memantau setiap pelanggan apakah mereka menerapkan jarak sosial dan fisik ketika berada di dalam kafe.

Baca juga: Pengusaha Properti Singapura Kembangkan Robot Pintar Pembersih Mal

Hal tersebut disampaikan oleh Director of Research Vision Semicon sekaligus pengembang robot tersebut, Lee Dong-bae.

"Sistem kami (robot barista) tidak membutuhkan input  manual mulai dari pemesanan hingga pengiriman," kata Lee.

Lee melanjutkan, setiap meja dan kursi diberi jarak satu sama lain untuk memudahkan pekerjaan robot barista dalam mengantarkan pesanan kepada pelanggan.

Sistem tersebut bahkan dapat menggerakkan lengan robot untuk menyajikan 60 jenis kopi berbeda dan secara otomatis mengantarkannya ke pelanggan setelah selesai dimasak.

Robot ini juga dapat berkomunikasi dan mengirimkan data ke perangkat lain yang telah dibekali dengan teknologi self-driving untuk menghitung rute paling efektif dalam mengantar kopi ke pelanggan.

Vision Semicon akan memasok robot barista di wilayah tersebut setidaknya hingga 30 kafe di tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com