Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersihkan Benda-benda Ini Sebelum Lebaran

Kompas.com - 04/06/2019, 11:30 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Lebaran memang merupakan ajang berkumpul keluarga. Biasanya, keluarga yang memiliki rumah yang cukup besar dan dituakan, akan menjadi sasaran untuk menghabiskan waktu bersama pada saat itu.

Nah, agar rumah siap dan bersih saat menyambut sanak keluarga, ada baiknya bersihkan barang-barang berikut ini:

Saklar

Benda ini yang paling sering digunakan namun juga sering diabaikan kebersihannya. Padahal saklar merupakan salah satu perlengkapan rumah yang paling rentan terhadap infeksi kuman.

Hal ini lantaran banyak orang yang sering menyentuhnya hampir setiap waktu. Untuk itu bersihkan area saklar paling tidak seminggu sekali untuk mengurangi bakteri yang tidak diinginkan.

Kasur

Kasur, bantal, sprei dan benda-benda sejenis selayaknya dibersihkan setiap dua bulan sekali. Namun bila dalam dua bulan terakhir belum Anda bersihkan, sebaiknya segera dilaksanakan sebelum momen Lebaran tiba.

Anda dapat menggunakan soda kue dan diamkan selama kurang lebih setengah jam agar bau yang menempel hilang.

Selain kasur, sarung bantal dan guling juga perlu diperhatikan. Ini karena seluruh debu dan kotoran yang menempel pada wajah dapat menempel di sarung bantal dan guling Anda.

Terlebih bila Anda malas mencuci muka atau membersihkan badan sebelum rebahan di kasur.

Sarung bantal dan guling bisa dapat dengan mudah terpapar debu yang menempel di wajah. Selain itu, residu dari penggunaan produk perawatan kulit dan rambut juga membuat sarung bantal dan guling cepat kotor.

Untuk itu, Anda perlu membersihkan sarung tersebut setiap dua atau tiga hari sekali, agar kulit Anda tetap nyaman dan tidak terkena alergi.

Ilustrasi kasurNine Ilustrasi kasur
Sprei

Mungkin Anda berpikir bahwa Anda sudah sering membersihkan tempat tidur, tapi untuk diketahui manusia secara alami menghasilkan 98,4 liter keringat di tempat tidur setiap tahunnya.

Kelembapan ini merupakan media kultur yang ideal bagi jamur. Seperti yang kita tahu, kelembapan tinggi memang lingkungan yang sangat disukai jamur.

Hal yang sama terjadi dengan kasur dan bantal. Gravitasi menurunkan semua puing-puing ini dan membuatnya mengendap di bantal dan kasur.

Oleh karena itu, sering-seringlah mencuci sprei antara satu sampai dua minggu. Selain sprei, selimut juga sering digunakan untuk tidur kira-kira setiap enam bulan

Karpet

Khusus untuk karpet, bersihkan setiap enam sampai 12 bulan sekali. Anda dapat menggunakan jasa pembersih ruangan yang menyediakan fasilitas pembersih uap.

Jika karpet di rumah Anda terkena noda atau kotoran, gunakan campuran baking soda, kanji, tepung maizena, cengkeh, dan daun salam. Kemudian percikkan campuran larutan tersebut ke permukaan karpet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com