Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"One Way" dan "Contraflow" Saat Lebaran Diberlakukan Terbatas

Kompas.com - 27/05/2019, 10:10 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana penerapan one way dan contraflow selama 24 jam penuh saat arus mudik dan balik Lebaran 2019 dipastikan batal.

Penerapan kedua rekayasa lalu lintas ini akan dibatasi guna memberikan kesempatan kepada pengguna jalan yang akan melakukan perjalanan jarak pendek.

"Pemberlakuan skema contraflow dan one way ini juga dengan mempertimbangkan untuk mengakomodasi lalu lintas jarak pendek serta lalu lintas yang dari dan menuju Bandung," ungkap Refdi dalam keterangan tertulis, Minggu (26/5/2019)

Semula, one way akan diterapkan mulai dari KM 29 Cikarang Utama sampai KM 263 Brebes Timur saat arus mudik pada 30 Mei-2 Juni 2019.

Sementara saat arus balik, penerapannya dimulai dari KM 179 Palimanan sampai KM 29 pada 8-9 Juni 2019.

Baca juga: Dampak One Way Mudik Belum Bisa Diprediksi

Untuk skema baru, contraflow akan dilakukan mulai dari KM 29 sampai KM 61 Tol Jakarta-Cikampek pada pukul 06.00-21.00 WIB.

Sedangkan one way akan berlaku mulai dari KM 70 hingga KM 263 pada pukul 09.00-21.00 WIB.

Adapun untuk pelaksanaannya pada saat arus balik diperpanjang sehari hingga 10 Juni.

Baca juga: One Way Diberlakukan karena Jalan Nasional Siap Dilintasi

"Jalur one way hanya dapat digunakan untuk kendaraan kecil, sedangkan kendaraan besar atau bis serta pengguna jalan dengan jarak pendek agar menggunakan jalur normal. Sementara untuk pengguna jalan dengan tujuan jarak jauh seperti Cirebon, Semarang dan seterusnya dapat menggunakan jalur one way sebagai jalur alternatif," tutur Refdi.

Refdi mengimbau, masyarakat dapat mengutamakan keselamatan dan kenyamanan dengan memacu kendaraan dengan kecepatan maksimum 80 kilometer per jam.

Selain itu, masyarakat juga diminta dapat memanfaatkan fasilitas diskon tarif 15 persen yang belaku pada 27-29 Mei 2019 saat arus mudik dan 10-12 Juni saat arus balik.

Hal ini guna mendistribusi volume lalu lintas untuk mengurangi kepadatan di jalan tol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com