Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surabaya Raih Penghargaan Adipura Kencana

Kompas.com - 14/01/2019, 15:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali menyerahkan penghargaan Adipura, Senin (14/1/2019). Dalam penghargaan kali ini, Kota Surabaya meraih penghargaan Adipura Kencana.

Selain itu, ada tiga kategori penghargaan Adipura lainnya, yakni Adipura, Sertifikat Adipura, dan Plakat Adipura. 

Baca juga: Lagi, Surabaya Juara Kota Cerdas versi Kompas

Untuk penghargaan Adipura, selain Surabaya 119 kabupaten/kota lainnya mendapatkan penghargaan ini, dengan porsi dua kota yakni Tangerang dan Palembang untuk kategori Kota Metropolitan.

Kemudian 3 kota dalam kategori Kota Besar, 31 kabupaten/kota dalam ketagori Kota Sedang, serta 83 kabupaten/kota untuk kategori Kota Kecil.

Adapun 10 kabupaten/kota lainnya meraih penghargaan Sertifikat Adipura dan 5 kabupaten/kota meraih Plakat Adipura untuk Sarana dan Prasarana Terbaik.

Daftar peraih penghargaan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SK.649/MENLHK/PSLB3/PLB.0/12/2018 Tentang Penetapan Kabupaten/Kota Peraih Penghargaan Adipura Tahun 2018, sebagaimana tertuang dalam keterangan tertulis, Senin (14/1/2019).

"Saya dilaporkan bahwa tahun ini kriteria untuk meraih anugerah Adipura telah diketatkan. Dan saya mendukung hal tersebut agar kondisi wilayah-wilayah kita di Indonesia ini menjadi semakin baik dari tahun ke tahun," ujar Wakil Presiden Jusuf Kalla saat acara Anugerah Adipura dan Green Leadership.

Sebagai contoh, lanjut Kalla, penilaian diberikan dalam hal implementasi atas amanat UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Dalam UU tersebut, setiap kabupaten/kota melakukan upaya dan hasil dalam memenuhi target nasional pengelolaan sampah, yaitu pengurangan sampah sebesar 30 persen dan penanganan sampah sebesar 70 persen pada 2025.

Selain itu proses penilaian juga mempertimbangkan adanya upaya dalam mendorong penerapan sistem pengelolaan sampah secara terpadu mulai dari hulu sampai dengan hilir di setiap kabupaten/kota.

"Ke depan, saya minta untuk terus disempurnakan kebijakan dan Program Adipura terutama dalam mendorong pemerintah kota dan kabupaten dalam mencapai target pengelolaan sampah sebesar 100 persen pada 2025," imbuh Kalla.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com