Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Manado Sabet Penghargaan Layanan Siaga 112 Internasional

Kompas.com - 09/01/2019, 23:01 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski baru diinisiasi pada akhir 2016, prestasi Manado dalam mengembangkan kota cerdas yang dimulai dengan pembangunan Cerdas Command Center (C3) patut dibanggakan.

Sebab, dalam kurun waktu dua tahun, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara ini telah menyabet puluhan penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri.

"Manado dapat 21 penghargaan baik secara nasional di provinsi dan ada satu yang membanggakan yaitu secara internasional," kata Wali Kota Manado Vicky Lumentut di Ruang Maoke Gedung Unit II Kompas Gramedia, Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Baca juga: Ada Risma hingga Ahok di Balik Manado Command Center

Penghargaan internasional yang dimaksud adalah untuk program Manado Siaga 112 yang menjadi salah satu aplikasi pada C3 Manado.

Lewat aplikasi ini masyarakat dapat melaporkan segala kondisi kedaruratan yang dialami untuk kemudian mendapat bantuan yang tepat.

"Kami buka layanan ini 24 jam. Jadi Cerdas Command Center ini kami siapkan tiga shift," tambah Vicky.

Setelah berhasil memenangkan penghargaan tingkat Indonesia pada April 2018, Manado kemudian menjadi perwakilan Indonesia di tingkat Asia Pasifik yang diselenggarakan di Makau pada Juli 2018.

Baca juga: Kota Cerdas Bukan Hanya Berbasis Teknologi, Juga Kecerdasan Warganya

"Puji Tuhan, kami jadi yang terbaik se-kawasan Asia Pasifik," cetus Vicky.

Selanjutnya, Manado kembali mengikuti seleksi yang diselenggarakan di Praha, Republik Ceko pada November 2018. Kali ini, Manado menjadi perwakilan kota untuk tingkat Asia Pasifik.

"Dan hasilnya tahun 2018 layanan 112 Kota Manado menjadi yang terbaik secara internasional dari 16 negara yang dikompetisikan di sana," kisah Vicky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com