Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Tersambung Tol, Banda Aceh-Sigli Cukup 1 Jam

Kompas.com - 15/12/2018, 13:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Kehadiran Tol Banda Aceh-Sigli diyakini akan memberikan dampak signifikan terhadap percepatan distribusi barang dan jasa, serta orang antar kedua wilayah tersebut.

Untuk diketahui, jarak antara kedua wilayah mencapai 111 kilometer. Bila pengendara melalui jalur arteri waktu tempuh yang dibutuhkan bisa mencapai tiga jam.

Namun, saat tol ini telah tersambung sepenuhnya pada 2021, maka waktu tempuhnya diperkirakan berkurang drastis. Pasalnya, panjang tol ini hanya 74 kilometer.

"Kalau kecepatannya 80 kilometer per jam, itu enggak sampai satu jam," kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna di lokasi peresmian, Jumat (14/12/2018).

Baca juga: Sejumlah Fakta Jalan Tol Pertama di Bumi Serambi Mekkah

Hal yang sama juga dikatakan Isa Ismail (60), warga Pidie yang turut hadir saat peresmian pembangunan tol tersebut.

Menurut dia, hadirnya tol ini akan memudahkan masyarakat yang ingin mendistribusikan barang produksinya, baik itu di sektor pertanian maupun perikanan.

"Dengan adanya jalan pintas dibangunnya tol ini, kami cukup berterima kasih. Karena nanti akan dekat sekali, baik orang dari sini ke Pidie maupun sebaliknya ke Banda Aceh," kata dia.

Untuk diketahui, Tol Banda Aceh-Sigli yang digarap PT Hutama Karya (Persero) terbagi ke dalam enam segmen.

Segmen 1 Simpang Padang Tiji-Simpang Susun Seulimeum (25,7 kilometer), Segmen 2 Seulimeum-Simpang Susun Jantho (6,3 kilometer), dan Segmen 3 Simpang Susun Jantho-Simpang Susun Indrapuri (16 kilometer).

Kemudian, Segmen 4 Simpang Susun Indrapuri-Simpang Susun Blang Bintang (13,5 kilometer), Segmen 5 Simpang Susun Blang Bintang-Simpang Susun Kuto Baro (7,7 kilometer), dan Segmen 6 Simpang Susun Kuto Baro-Simpang Baitussalam (4,8 kilometer).

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Jalan Tol Pertama Di Aceh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com