Sejumlah Fakta Jalan Tol Pertama di Bumi Serambi Mekkah - Kompas.com

Sejumlah Fakta Jalan Tol Pertama di Bumi Serambi Mekkah

Kompas.com - 14/12/2018, 16:30 WIB
Groundbreaking proyek Tol Banda Aceh-Sigli.Kompas.com/DANI PRABOWO Groundbreaking proyek Tol Banda Aceh-Sigli.

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan pembangunan Jalan Tol Banda Aceh-Sigli, Jumat (14/12/2018) sore.

Jalan tol ini merupakan jalan bebas hambatan pertama yang dibangun pemerintah di Provinsi berjuluk Bumi Serambi Mekkah.

Sesuai rencana, Jokowi akan meresmikan pembangunan tersebut di Segmen 4 Indrapuri-Blang Bintang. Saat ini persiapan masih terus dilakukan guna menyambut kedatangan Jokowi.

Pembangunan tol sepanjang 74 kilometer ini ditugaskan kepada PT Hutama Karya (Persero) dengan nilai investasi Rp 12,35 triliun.

Baca juga: Jumat Besok, Presiden Resmikan Pembangunan Tol Pertama Aceh

Saat penandatanganan perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT), Direktur Utama PT HK Bintang Perbowo menuturkan, porsi pembiayaan ekuitas sebesar 85 persen dari total investasi dan pinjaman sebesar 15 persen dari total investasi.

Groundbreaking proyek Tol Banda Aceh-Sigli.Kompas.com/DANI PRABOWO Groundbreaking proyek Tol Banda Aceh-Sigli.
Dengan ditandatanganinya Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol ini, mempercepat proses pembangunan jalan tol ruas Sigli-Banda Aceh yang ditargetkan selesai pada tahun 2022.

"Dengan asumsi pembebasan lahan dapat selesai seluruhnya paling lambat Maret 2020," kata Bintang.

Tol ini terbagi ke dalam enam segmen, yaitu Segmen 1 Padang Tiji-Seulimeum 25,7 kilometer, Segmen 2 Seulimeum-Jantho 6,3 kilometer, dan Segmen 3 Jantho-Indrapuri 16 kilometer.

Kemudian, Segmen 4 Indrapuri-Blang Bintang 13,5 kilometer, Segmen 5 Blang Bintang-Kuto Baro 7,7 kilometer, dan Segmen 6 Kuto Baro-Baitussalam 4,8 kilometer.

“Untuk mempercepat pekerjaan pengadaan tanah kita sekaligus secara operasional dibagi ke dalam beberapa segmen,” kata Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto di Blang Bintang, Aceh, Jumat.

 



Close Ads X