Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Selesai Tahun Depan, Proyek Bendungan Karian Terus Digenjot

Kompas.com - 24/11/2018, 14:52 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

LEBAK, KOMPAS.com - Pembangunan Bendungan Karian di Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, menunjukkan progres signifikan dengan posisi konstruksi mencapai 52 persen.

Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR terus mengerjakan konstruksi bendungan ini agar bisa selesai sesuai target pada Desember 2019.

"Progresnya sekarang 52 persen, masih di bawah target 3 persen. Diharapkan bisa selesai Desember 2019," ujar Dirjen SDA Kementerian PUPR Hari Suprayogi saat berkunjung ke lokasi Bendungan Karian di Lebak, Banten, Sabtu (24/11/2018).

Baca juga: Desember, Bendungan Mila Siap Diisi Air

Bendungan berkapasitas 314.7 juta meter kubik ini ditujukan untuk penyediaan air baku di wilayah Kabupaten Lebak, Kabupaten dan Kota Tangerang, Tangerang Selatan, Serang, Cilegon, serta DKI Jakarta.

"Outcome-nya nanti ditunggu-tunggu karena untuk suplai air baku ke wilayah Banten hingga DKI Jakarta," kata Hari Suprayogi.

Selain itu, lanjutnya, bendungan ini juga berguna untuk pengairan ke daerah irigasi Ciujung yang luasnya 22.000 hektar sehingga suplai airnya lebih terjamin saat musim kemarau.

Adapun luas Bendungan Karian 1.740 hektar dan merupakan salah satu dari 49 bendungan besar yang dibangun Kementerian PUPR sejak tahun 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com