Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rawat Kompleks GBK, Pemerintah Gandeng Tim Manajemen Khusus

Kompas.com - 16/10/2018, 13:30 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana menggandeng tim manajemen khusus untuk melakukan perawatan fasilitas umum dan bangunan yang ada di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menilai, tidak mudah memastikan kawasan GBK bersih dan terawat. Terlebih, kompleks olahraga ini termasuk tengara Jakarta bertaraf internasional di jantung ibu kota.

Oleh karena itu, kebersihan dan keandalan fasilitas yang ada di dalamnya akan selalu mendapat sorotan masyarakat.

Baca juga: 80 Persen Kawasan GBK Ramah Difabel

"Ini enggak gampang, ada ilmunya, ada manajemen yang harus baik, termasuk orang yang melaksanakan harus kompeten dalam menajemen sport and leisure," kata Basuki di Jakarta, Selasa (16/10/2018).

Selain itu, Kementerian PUPR juga berencana memasang sprinkler di seluruh taman yang ada di dalam kompleks GBK.

Menurut Basuki, pemasangan sprinkler jauh lebih efektif dalam menjaga kelestarian taman dari pada menggunakan mobil tanki air.

"Karena orang harus ambil air, waktunya tidak akan bisa kita pertahankan lama. Makanya akan kita desain dengan sprinkler penyiraman dan perawatan ini," kata dia.

Untuk diketahui, sejumlah venue yang ada di kawasan GBK sebelumnya menjadi lokasi perhelatan pertandingan olahraga yang dipertandingkan pada ajang Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com