Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

80 Persen Kawasan GBK Ramah Difabel

Kompas.com - 16/10/2018, 12:02 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, fasilitas penunjang bagi penyandang disabilitas di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, sudah cukup baik.

Kendati masih perlu ada sejumlah perbaikan guna memudahkan kalangan difabel untuk mengaksesnya.

"Ya itu tadi masih 80 persenlah. Kayak wastafel (masih) ketinggian, pintunya harusnya slidding," kata Jokowi usai mengecek kondisi fasilitas umum di kawasan GBK Senayan, Selasa (16/10/2018) pagi.

Baca juga: Berkemeja Batik, Presiden Tinjau Fasilitas Umum Kompleks GBK

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi mengaku, mendapat banyak masukan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Mantan Gubernur DKI itu berharap pemerintah daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota dapat menyediakan fasilitas publik ramah penyandang disabilitas.

"Ke depan seluruh bangunan, ruang publik, fasilitas umum, transportasi, akan kita dorong penuh untuk ramah terhadap disabilitas," kata dia.

Dalam kunjungan kerja tersebut, ada sejumlah titik yang disambangi Presiden. Mulai dari toilet, jalur guiding block, main cauldron, food court dan mushola, serta Stadion Utama GBK.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com