Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Pusat Bloomberg, Gedung Kembar Peraih "Stirling Prize 2018"

Kompas.com - 11/10/2018, 22:30 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Dezeen

KOMPAS.com - Penghargaan yang diberikan oleh The Royal Institute of British Architect (RIBA) tahun ini jatuh ke Kantor Pusat (HQ) Bloomberg. RIBA Stirling Prize ini merupakan penghargaan bergengsi dan paling prestisius di Britania Raya.

Rancangan gedung Bloomberg HQ ini mengalahkan lima bangunan lain seperti Bushey Cemetery, Thistleton Architecs, Chadwick Hall, Tate St Ives, Storey's Field Community Centre and Nursery, Sultan Nazrin Shah Centre.

Baca juga: Unik, Kuil dari Jutaan Botol Bir

Bloomberg HQ, merupakan kantor pusat Bloomberg di Eropa. Melansir Dezeen, Bloomberg HQ merupakan salah satu karya firma arsitektur terkenal Inggris, Foster + Partners.

Uniknya, gedung ini merupakan bangunan batu terbesar di Inggris.

Bahkan, President RIBA Ben Derbyshire memuji proyek ini sebagai karya monumental.

"Kreativitas dan keuletan dari Foster + Partners serta dukungan Blomberg tidak hanya meningkatkan standar deain perkantoran dan perencanaan kota, namun juga mendobrak kebiasaan," tutur Derbyshire.

President RIBA, Ben Derbyshire bahkan memuji proyek ini sebagai karya monumental. 
Nigel Young. President RIBA, Ben Derbyshire bahkan memuji proyek ini sebagai karya monumental.
Dia melanjutkan, bangunan ini adalah ekspresi kepercayaan yang mendalam dalam arsitektur Inggris.

Selain itu gedung Bloomberg HQ juga dengan sempurna menggambarkan mengapa Inggris adalah modal global untuk profesi ini.

Salah satu juri dalam penghargaan ini, David Adjaye, menuturkan, Foster + Partners telah merancang bangunan yang mendorong batas-batas nilai arisitektur, serta memberikan inovasi dalam dunia rancang bangunan.

"Arsitek bekerja secara mendalam dan kolaboratif dalam merancang sebuah bangunan yang sempurna dalam menanggapi ambisi Bloomberg," imbuh dia.

Selain itu, para juri juga memuji proses desain Foster + Partners yang begitu ketat, termasuk dalam membuat purwarupa dalam skala 1:1.

Para juri juga memuji proses desain Foster + Partners yang begitu ketatNigel Young. Para juri juga memuji proses desain Foster + Partners yang begitu ketat
Purwarupa ini dibuat di sebuah gedung di Battersea. Dalam proses desain tersebut, pihak Foster + Partners menempatkannya dalam suhu dingin yang ekstrim serta tes lainnya.

Berbagai macam tes ini dilakukan untuk memperbaiki dan mencari celah kerusakan gedung. 

Para juri juga menganggap, kantor baru Bloomberg ini menyediakan ruang bagi publik Inggris. Selain itu, bangunan ini memberikan ruang baru untuk beristirahat di dalam gedung.

Bloomberg HQ terdiri dari dua buah bangunan yang terkoneksi dengan jembatan. Sebuah jalur pedestrian juga dibangun di antara kedua bangunan ini.

Jalur ini membuka kembali jalan kuo buatan Romawi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Dezeen
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com