Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Desari, Alternatif Menuju Bogor

Kompas.com - 28/09/2018, 10:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat yang ingin pergi ke Bogor dalam waktu dekat bisa memanfaatkan Jalan Tol Depok-Antasari (Desari) sebagai akses alternatif. Selama ini, hanya Jalan Tol Jagorawi yang menjadi satu-satunya akses jalan bebas hambatan menuju Bogor.

Hal ini menyusul rencana pemerintah yang memperpanjang trase Tol Desari hingga ke Salabenda, Bogor. Nantinya, tol ini akan terkoneksi dengan Tol Bogor Ring Road (BORR).

"Ini (Desari) radial yang menuju Jakarta, ini sejajar dengan Jagorawi. Tembusnya Salabenda di Bogor," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Baca juga: Tarif Tol Desari Diperkirakan Rp 1.500 Per Kilometer

Bila rencana ini teralisasi, masyarakat yang berada di kawasan Blok M, Senayan dan sekitarnya, tidak perlu lagi membelah jalan arteri dan tol dalam kota Jakarta untuk mengakses Tol Jagorawi.

Mereka cukup menggunakan Jalan Layang Antasari untuk kemudian menuju Tol Desari.

"Mungkin malah alternatif dari Kebayoran tidak ke Jagorawi kalau mau ke Bogor, tapi lewat sini," sebut Basuki.

Namun rencana perpanjangan trase ini masih dalam pembahasan antara pemerintah dengan PT Citra Wasphutowa, selaku badan usaha pengelola Tol Desari.

Diperlukan adendum perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) sebelum rencana tersebut dapat dieksekusi.

Baca juga: Tol Desari Bakal Diperpanjang Sampai Salabenda Bogor

Untuk diketahui, saat ini trase Tol Desari hanya sepanjang 21,6 kilometer yang terbentang dari Antasari hingga Bojonggede.

Adapun yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo yaitu hanya Seksi I dari Antasari hingga Brigif sepanjang 5,8 kilometer.

Sementara, untuk Seksi II Brigif-Sawangan masih dalam tahap konstruksi dan Seksi III Sawangan-Bojonggede dalam tahap persiapan pengadaan tanah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com