Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Medan Berat Tantangan Tembus Jalan Perbatasan Papua

Kompas.com - 20/09/2018, 21:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Infrastruktur konektivitas yang digenjot pembangunannya oleh pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla yaitu jalan perbatasan Papua.

Jalan ini memiliki panjang 1.098,24 kilometer. Dari panjang tersebut, yang sudah tembus mencapai 908,72 kilometer dan yang belum yaitu 189,52 kilometer.

Selama kurun 2015-2018, panjang jalan perbatasan Papua yang telah diselesaikan yaitu 153,62 kilometer. Adapun anggaran yang telah digelontorkan yakni senilai Rp 723 miliar.

Baca juga: Jokowi Habiskan Rp 5,083 Triliun Bangun Jalan Perbatasan

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto mengatakan, jalan yang belum tembus menghubungkan wilayah Ubrub hingga Oksibil.

"Kalau dulu sempat perhatikan kunjungan Presiden dan Menteri, itu ada di daerah sini yang naik sepeda motor itu," kata dia di kantornya, Kamis (20/9/2018).

Kedua kawasan tersebut, jelas Sugiyartanto, berada di daerah Pegunungan Tengah. Kondisi medan yang sulit menyebabkan proses pembangunan jalan di kawasan ini berlangsung cukup lambat.

"Memang kalau dilihat di peta sini tidak akan terlihat. Tapi kalau lihat dari google maps pasti akan terlihat bentuknya seperti apa, sehingga model jalan kita seperti apa bentuknya seperti lereng-lereng, rawan longsor," ujarnya.

Untuk mempercepat pembukaan akses di kawasan tersebut, Kementerian PUPR menggandeng TNI dalam pekerjaannya.

Untuk sementara waktu, masyarakat yang ingin mengakses jalan dari Ubrub ke Oksibil, dapat melalui jalur Trans Papua yang telah dibuka sebagian yaitu dari Yeti menuju Membramo hingga ke Wamena.

Dari sana perjalan dilanjutkan ke Sumhoai, Sidarela baru ke Oksibil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com