Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Rumah Lebih Cepat 30 Persen dengan Semen Siap Pakai

Kompas.com - 06/09/2018, 05:00 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Holcim Indonesia Tbk mengklaim produk semen campuran bermerek Morpla yang baru dilansir Rabu (5/9/2018) di Jakarta merupakan jenis baru di Indonesia.

Head of Value Added Solutions Holcim Indonesia Oktavina Damayanti mengatakan, saat ini belum ada produsen semen lain di Tanah Air yang memproduksi varian seperti Morpla.

Produk ini dikeluarkan berdasarkan penelitian dan pengembangan terhadap penggunaan jenis semen yang praktis, tetapi tetap terjaga kualitasnya.

Morpla merupakan produk campuran semen siap pakai yang mempermudah konsumen untuk memenuhi kebutuhan ketika membangun rumah dalam skala kecil maupun besar.

 “Kami yang pertama di Indonesia sebagai pionir, perusahaan lain belum ada. Kalau di luar negeri sudah ada, tapi untuk Lafarge Holcim Group,” ucap Oktavina.

Dia mengatakan, komoditas baru ini memiliki sejumlah keunggulan dibanding semen konvensional yang harus dicampur dengan air dan pasir secara manual.

Keunggulan pertama yaitu mengenai produktivitas kerja. Masyarakat yang sedang membangun atau merenovasi rumah bisa langsung menggunakan Morpla untuk memplester batu bata hingga menjadi dinding.

Selain itu, tenaga yang mengerjakan pun cukup satu orang.

Berbeda dari cara manual yang membutuhkan waktu lebih banyak untuk mempersiapkan material pasir, mengayaknya, kemudian mencampurnya dengan semen dan air. Sedangkan tenaga yang dibutuhkan minimal dua orang.

Sesuai riset yang dilakukan, waktu pengerjaan bangunan dengan menggunakan Morpla lebih cepat 30 persen dibanding dengan cara manual.

“Kalau Morpla, begitu datang bisa langsung dipakai. Jadi Morpla 30 persen lebih cepat karena menghilangkan aktivitas mencampur semen secara manual,” ujar Oktavina.

Kelebihan kedua adalah kualitas yang lebih konsisten karena produk ini dibuat langsung di batching plant atau lokasi produksi dan pencampuran bahan-bahan yang diperlukan sehingga menghasilkan semen siap pakai tersebut.

Pencampuran bahan-bahan itu dilakukan menggunakan kalkulasi teknologi komputer dan ada bagian pengawasan atau quality control (QC) yang menjaga kualitasnya tetap sama dan baik.

Wadah khusus yang disediakan untuk Morpla, produk baru Holcim Indonesia, saat diluncurkan pada Rabu (5/9/2018) di Jakarta.KOMPAS.com/ERWIN HUTAPEA Wadah khusus yang disediakan untuk Morpla, produk baru Holcim Indonesia, saat diluncurkan pada Rabu (5/9/2018) di Jakarta.
Keunggulan ketiga yakni soal fleksibiltas. Maksudnya, campuran semen Morpla ini bisa dipakai maksimal hingga dua hari, dengan syarat ditempatkan dalam wadah yang disediakan khusus.

Sebagai contoh, bila pengerjaan memplester batu bata belum selesai dalam sehari, bisa dilanjtkan keesokan harinya dengan tetap memakai campuran semen yang sama asalkan berada di tempat yang ditentukan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com