Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Ngawi-Kertosono Diperpanjang Sampai Kediri

Kompas.com - 05/09/2018, 21:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk berencana memperpanjang ruas Tol Ngawi-Kertosono hingga Kediri. Perpanjangan ruas tersebut diperkirakan mencapai 27 kilometer.

Direktur Pengembangan Jasa Marga Adrian Priohutomo mengatakan, saat ini perseroan masih mengurus penetapan lokasi (penlok). Diharapkan proses tersebut dapat selesai tahun ini agar pekerjaan konstruksi dapat dimulai tahun depan.

"Tinggal menunggu saja, sudah diajukan. Tapi intinya tidak ada masalah dengan penlok sendiri," kata Adrian di Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Diperkirakan, nilai investasi yang dibutuhkan untuk membangun ruas tersebut berkisar antara Rp 2,7 triliun hingga Rp 3 triliun.

Baca juga: Banyak Kecelakaan di Tol Ngawi-Kertosono, 4 Hal Harus Diingat

"Kira-kira kali aja Rp 100 miliar per kilometer," cetus Adrian.

Ia pun memprediksi proyek ini memiliki prospek yang cukup baik. Pasalnya, pemerintah berencana membangun bandara di wilayah tersebut.

Pembangunan Bandara Kediri sebelumnya telah masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 56 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua atas Perpres Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan PSN.

Rencananya, proyek bandara ini akan dibangun oleh PT Gudang Garam Tbk.

"Dilihat dari penentuan lokasi (penlok) sekarang itu jaraknya 3 kilometer dari bandara," tuntas Adrian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com