Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riyadh Group Kembangkan "Citos" di Malaysia

Kompas.com - 25/08/2018, 17:46 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah pusat perbelanjaan dengan cita rasa Indonesia akan dibangun di negeri jiran, Malaysia, dalam waktu dekat.

Adalah Riyadh Group Indonesia, pengembang apartemen Pancoran Riverside, yang berkongsi dengan dua pengembang Malaysia, Mainstay Properties Sdn. Bhd dan Horizon KPLO Sdn. Bhd.

Riyadh berencana mengakuisisi 65 persen kepemilikan saham dari dua pengembang tersebut. Mainstay Properties merupakan pemilik Space U8 Mall dengan luas bangunan 55.000 meter persegi di Bukit Jelutong, Shah Alam, Selangor.

Sementara Horizon KLPO merupakan anak usaha Pembinaan Tetap Teguh (PTT) Sdn. Bhd yang memiliki lahan siap bangun seluas 10 hektar di Sepang.

"Mal yang akan dibuat sifatnya lifestyle, jadi kayak Citos-nya (Cilandak Town Square) Indonesia di Malaysia. Jadi mungkin namanya ada tos-nya, mungkin. Apakah Jitos, kita sedang bicarakan yang penting ada hubungan antara Indonesia dan Malaysia," kata Presiden Direktur Riyadh Group Indonesia, Bally Saputra, Sabtu (25/8/2018).

Proses verifikasi terhadap laporan keuangan kedua perusahaan pengembang itu masih dilakukan dengan bantuan appraisal internasional. Hal itu dilakukan untuk menaksir nilai proyek sekaligus menentukan investasi.

"Jadi total persis 65 persennya baru bisa kita dapat dalam waktu tiga bulan. Tapi kami memberikan beberapa investasi sebagai modal awal penyertaan kami kepada PTT," ucap Bally.

Saat ini, tingkat okupansi Space U8 Mall masih di bawah 50 persen. Nantinya, setelah proses due dilligence selesai, pihaknya akan melakukan rebranding nama serta konsep dan strategi pemasaran.

"Nama mal memang belum kami putuskan. Sudah ada beberapa alternatif, tetapi yang jelas nanti bakal ada warna Indonesia dan Malaysia-nya," tambah Bally.

Cita rasa Indonesia

Bally mengungkapkan, Riyadh Group akan bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata untuk mengkampanyekan Wonderful Indonesia di Malaysia.

Nantinya, akan dibuat Pusat Pelayanan Satu Atap yang akan mengurus manajamen wisatawan Malaysia yang akan ke Indonesia atau sebaliknya. Mulai dari pelayanan informasi, izin tinggal, hingga investasi.

"Memang dari satu sisi akan membawa orang-orang Indonesia datang ke Malaysia, tapi di sisi lain kita akan membawa wisatawan yang datang ke Malaysia bawa masuk ke 10 destinasi wisata di Indonesia," tutur Bally.

Tak hanya itu, sejumlah makanan khas Indonesia juga akan dihadirkan di mal tersebut seperti Soto Betawi, Kerak Telor, Nasi Kapau, Konro Makassar hingga warteg.

Diperkirakan, tak kurang dari 30 juta wisatawan akan masuk ke Malaysia pada 2019 mendatang. Ia berharap, wisatawan tersebut juga akan berkunjung ke Indonesia selepas tiba di Negeri Jiran.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com