Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Siapkan Rp 1 Triliun Bangun Apartemen di Jadebotabek

Kompas.com - 01/08/2018, 23:07 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Raksasa manufaktur Jepang, Mitsubishi Corporation melalui tentakel bisnisnya PT Mitsubishi Corporation Indonesia menyiapkan anggaran Rp 1 triliun sebagai dana investasi dalam pengembangan properti di Indonesia.

Presiden Direktur PT Mitsubishi Corporation Indonesia Takeshi Ito mengungkapkan hal itu kepada Kompas.com, Rabu (1/7/2018).

Menurut Takeshi, dana sebesar itu akan digunakan untuk membangun sejumlah hunian dengan konsep vertikal alias apartemen di kawasan Jadebotabek.

Baca juga: Mitsubishi Incar Pasar Properti Indonesia

"Secara umum pasar Indonesia sangat potensial, terutama di kawasan Jadebotabek yang didiami 35 juta orang. Sama padatnya dengan metropolitan Tokyo sebanyak 45 juta orang," kata Takeshi.

Jumlah populasi yang padat ini tentu saja dipandang sebagai kesempatan besar bagi Mitsubishi untuk memenuhi kebutuhan hunian.

Sebab, tak bisa dimungkiri masyarakat Jadebotabek masih membutuhkan hunian yang representatif, dengan harga kompetitif, terutama untuk kelas menengah sebagai akselerator pasar properti Indonesia.

"Dana Rp 1 triliun itu akan dimanfaatkan untuk pengembangan properti dalam lima tahun ke depan. Kami tentunya akan menggandeng dengan investor lainnya, tidak sendiri," kata Takeshi.

Proyek terbaru Mitsubishi hasil kerja sama dengan pengembang lain adalah Branz BSD City. Di proyek senilai 300 juta dollar AS ini, mereka berkolaborasi dengan PT Tokyu Land Indonesia.

Sebelumnya, Mitsubishi menjalin aliansi dengan Sinar Mas Land untuk pengembangan proyek hunian tapak The Zora.

Guna merealisasikan kawasan hunian ini, Mitsubishi dan Sinarmas Land membentuk usaha bersama PT BSD Diamond Development.

Keduanya berbagi modal (joint venture) 260 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 3,5 triliun dengan komposisi masing-masing 60 persen dan 40 persen.

Kemudian, mereka juga bekerja sama dengan Lippo Group membangun apartemen Glendale Park di Orange County dengan porsi kepemilikan 50:50.

"Kami optimistis pasar properti Indonesia akan bangkit tahun depan. Karena itu, kami berani menginvestasikan dana lebih besar di Indonesia ketimbang tiga negara Asia Tenggara lainnya seperti Filipina, Myanmar, dan Thailand," tuntas Takeshi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com