Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Asian Games, Ikon Palembang Direhabilitasi

Kompas.com - 17/07/2018, 21:30 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jembatan Ampera yang menjadi ikon Kota Palembang, Sumatera Selatan, turut direhabilitasi oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Rehabilitasi tersebut merupakan bagian dari upaya menyambut pelaksanaan Asian Games 2018, yang akan dilangsungkan di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September mendatang.

Ada beberapa pekerjaan rehabilitasi yang dilakukan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VI Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.

Baca juga: Kejar Target Asian Games, Basuki Minta Pekerja Ditambah 200 Orang

Misalnya, penataan trotoar di kiri-kanan jembatan dengan menambah tempat sampah, kursi dan lampu taman. Penataan ini dilakukan hingga di depan Masjid Agung Sultan Mahmudh Badaruddin.

Rehabilitasi Jembatan Ampera.Kementerian PUPR Rehabilitasi Jembatan Ampera.
Selain itu, juga akan dipasang jam analog seberat 200 kilogram dengan diameter 5,5 meter guna menambah kesan artistik jembatan yang dibangun sejak 1962 hingga 1965 itu.

Penanda waktu analog tersebut akan ditempatkan di menara jembatan yang terdapat di sisi ilir dan ulu.

Pekerjaan lainnya yakni pengecatan rangka jembatan. Ketiga pekerjaan rehabilitasi ini ditargetkan selesai akhir Juli 2018.

Baca juga: Jakabaring Sport City Center Siap Sambut Para Atlet Asian Games 2018

"Pembangunan jembatan disamping memperhatikan fungsinya, juga ditambah ornamen budaya setempat, sehingga menjadi lebih bagus," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Selasa (17/7/2018).

Rehabilitasi Jembatan Ampera.Kementerian PUPR Rehabilitasi Jembatan Ampera.
Sementara itu, ada pula beberapa pekerjaan yang akan dilaksanakan setelah Asian Games, seperti perbaikan atap pylon, penguatan struktur plat lantai, serta penambahan tinggi pagar jembatan.

Secara keseluruhan, rehabilitasi ini menghabiskan anggaran Rp 17,7 miliar dan ditargetkan selesai November 2018.

Basuki mengingatkan, Jembatan Ampera tak hanya menjadi ikon Kota Palembang. Lebih dari itu, kehadiran jembatan sepanjang 1.777 meter ini juga menjadi daya tarik wisatawan asing maupun domestik untuk menyambangi kota yang terkenal dengan makanan khasnya, pempek.

"(Karena itu) Kementerian PUPR mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama menjaga dan merawat Jembatan Ampera salah satunya dengan tidak melakukan tindakan vandalisme atau membuat coretan dinding pada struktur jembatan," tuntas Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com