Jakabaring Sport City Center Siap Sambut Para Atlet Asian Games 2018 - Kompas.com

Jakabaring Sport City Center Siap Sambut Para Atlet Asian Games 2018

Kompas.com - 13/07/2018, 12:01 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau persiapan Jakabaring Sport City Center untuk perhelatan Asian Games XVIII, Jumat (13/7/2018).KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau persiapan Jakabaring Sport City Center untuk perhelatan Asian Games XVIII, Jumat (13/7/2018).

PALEMBANG, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan Jakabaring Sport City Center, di Palembang, Sumatera Selatan, siap dibuka dan menyambut para atlet Asian Games 2018.

Rencananya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Jakabaring Sport City Center pada Sabtu (14/7/2018).

"Sudah sangat siap digunakan dan diresmikan. Ready to use," kata Basuki menjawab Kompas.com, saat melakukan peninjauan akhir, Jumat (13/7/2018).

Peninjauan akhir venue beserta infrastruktur dan fasilitas Asian Games 2018 ini dilakukan selama lebih kurang 2 jam yang dimulai pukul 08.30 WIB pagi.

Dengan berjalan kaki, Basuki mengecek dua fasilitas dan tiga venue masing-masing Plaza Gelora Sriwijaya, Wisma Atlet Sentraland Jakabaring, bowling, shooting range, dan rowing and canoeing center atau dayung.

Basuki menjelaskan, pemerintah telah menyiapkan 14 venue yakni shooting range, rowing and canoeing  centerskateboard, voli pantai, stadion Gelora Sriwijaya, Stadion Tenis, Lake Side Jakabaring Triathlon, stadion renang (aquatic), atletik, GOR Danau, sport climbing dan rollerblade.

Fasilitas olahraga di Jakabaring Sport City Center menjelang perhelatan Asian Games XVIII, Jumat (13/7/2018).KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Fasilitas olahraga di Jakabaring Sport City Center menjelang perhelatan Asian Games XVIII, Jumat (13/7/2018).
Dari 14 venue tersebut, pembangunan dan renovasi tiga venue yakni shooting rangerowing and canoeing center, serta tribun dan embungnya, dan skateboard dikerjakan oleh Kementerian PUPR. 

Untuk venue Dayung rampung dikerjakan pada akhir 2017 dan digunakan untuk uji acara oleh Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) pada 12-15 Juli 2018.

Kejuaraan akan diikuti kontingen dari 17 provinsi dan 4 tim TNI/Polri dengan jumlah peserta kurang lebih 500 atlet dayung.

Venue memiliki lintasan dengan lebar seluas 200 meter dan panjang 2200 meter dan kedalaman 5 meter dilengkapi tribun penonton dengan kapasitas 2.144 kursi.

Fasilitas olahraga di Jakabaring Sport City Center menjelang perhelatan Asian Games XVIII, Jumat (13/7/2018).
KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Fasilitas olahraga di Jakabaring Sport City Center menjelang perhelatan Asian Games XVIII, Jumat (13/7/2018).
Konstuksi Venue Dayung dikerjakan oleh PT Nindya Karya (Persero) dengan nilai kontrak Rp 148 miliar yang dimulai sejak 7 Desember 2016 hingga 31 Desember 2017. 

"Ini katanya yang terbaik di Asia menurut Olympic Council of Asia," sebut Basuki.

Bahkan, Basuki menuturkan,  menurut Presiden Konfederasi Canoe Asia (ACC) Shoken Narita venue dayung di Jakabaring Sport City Center ini yang terbesar dan terbaik di dunia.

Kemudian, pembangunan dan renovasi shooting range tahap I telah selesai pada akhir tahun 2017 berupa renovasi bangunan induk, renovasi dan perluasan shooting range 10, 25, dan 50 meter serta pembangunan baru untuk line skeet and trap.

Konstruksi shooting range tahap I dikerjakan oleh PT Nindya Karya (Persero) dengan nilai kontrak Rp 80 miliar. Saat ini tengah dalam penyelesaian konstruksi tahap II berupa bangunan pengaman SR 300 meter.

Fasilitas olahraga di Jakabaring Sport City Center menjelang perhelatan Asian Games XVIII, Jumat (13/7/2018).
KOMPAS.com/HILDA B ALEXANDER Fasilitas olahraga di Jakabaring Sport City Center menjelang perhelatan Asian Games XVIII, Jumat (13/7/2018).
Untuk Venue Skateboard dengan luas 2.460 meter persegi telah rampung. Pengerjaannya dilakukan selama 120 hari sejak 6 Maret 2018 hingga 3 Juli 2018 oleh kontraktor lokal yakni PT Berkat Serangan Mandiri senilai Rp 3,3 miliar.

Selain venue, Kementerian PUPR juga memberikan dukungan pembangunan tribun VIP Venue Voli Pantai melengkapi Venue Voli Pantai yang telah dibangun sebelumnya oleh Pemerintah Provinsi Sumsel.

Ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah. Bangunan tribun VIP terdiri dari 3 lantai dengan luas bangunan 3.000 meter persegi dengan kapasitas 478 orang.

Penataan kawasan Jakabaring Sport City juga dikerjakan oleh Kementerian PUPR berupa pembuatan plaza dengan air mancur menari di depan Stadion Gelora Sriwijaya, pelataran parkir, drainase, pagar keliling kawasan, pos jaga, dan pekerjaan lansekap. 

Adapun anggaran untuk memperbaiki, menambah, dan menata venue serta fasilitas dan infrastruktur Jakabaring Sport City Center ini senilai Rp 600 miliar.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X